MTQ Sebagai Bagian Pengembangan SDM di Bidang Keagamaan

MUARA ENIM--Kemajuan daerah bisa dilihat tidak hanya dari pertumbuhan ekonomi dan infrastrukturnya saja. Ada faktor lain tang menjadi indikasi yakni kemmapuan Sumber Daya Manusianya. Salah satu yang bisa dilakukan untuk meningkatkannya adalah dari bidang keagamaan.

Salah satu langkah yang diambil Pemerintah Kabupaten Muara Enim adalah dengan melaksanakan Musabakah Tilawatil Quran (MTQ) ke 36 sebagai salah satu upaya peningaktan SDM di Muara Enim khususnya di bidang keagamaan.

Bupati Muara Enim, H Ahmad Yani dalam sambutanya mengatakan, pelaksanaan MTQ ini tidak hanya menguatkan syiar agama islam saja, tapi juga memiliki ruang dan tempat tersendiri di masyarakat. Selain sebagai media dakwah yang efektif, hal ini juga terbukti menjadi daya dorong dalam perkembangan perekonomian masyarakat.

“Nantinya diharapkan, khafilah khafilah yang berlomba dan menjadi juara saat ini, kedepan bisa bersain dibtingkat yang lebih tinggi lagi baik secara nasional maupun internasional mewakili Muara Enim,” ujar Bupati.

Srlain itu, lanjut Bupati lagi, kegiatan ini juga sebagai bagian pengembangan sumber daya manusia di bidang keagamaan sehingga visi dan misi Kabupaten Muara Enim yang “Merakyat” agamis bisa terwujud dan menjadi momentum mempererat tali silaturahmi.

“Langkah langkah yang kita buat telah tetstruktur, sistematis dan masif. Seperti menghafal alquran bagi anak anak. Bila hal ini terwujud maka akan banyak sekali penghafal alquran di Kabupaten Muara Enim dari tingkat desa bahkan sampai ke rumah tangga,” ujarnya.

Selanjutnya, salah satu upaya pemerintah juga dalam agendanya adalah tiap jumat berkunjung ke desa untuk memotifasi dan menjalin silaturahmi agar bisa menyebar ke masyrakat. 

“Beberpaa waktu yang akan datang akan dilaksanakan festival anak yatim. Banyak agenda yang bisa memuwujidkan Muara Enim agamis. Kami juga tudak lupa meminta masukan dari pemuka agama hal hal apa saja tang bisa dilakukan,” pungkas Bupati.

Dalam pelaksanaan MTQ ke 36 dan Pegelaran Seni Islam tingkat kabupaten ini ribuan santri dan santri wati dari tiap tiap kecamatan di Muara Enim mengikuti perlombaam tilawatil yang terbagi dalam beberapa kategori dengan hadiah utama umroh.

Selain perlombaan, ada juga pelaksanaan pegelaran seni islam berupa hadroh, ceramah islam, dan beberapa pegelaran yang bisa disaksikan dalam kurun waktu seminggu kedepan di Lapangan Merdeka.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SINI NEWS YOUTUBE CHANNEL

Facebook SINI News

Pengikut

Subscribers

Postingan Populer

Arsip Blog

Comments

Berita Utama

sitemap

Recent Posts