PALI Miliki SLB, Anak Berkebutuhan Khusus Tahun Ini Bisa Sekolah

PALI-- Pemenuhan pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus, Pemerintah telah bangun Sekolah Luar Biasa (SLB) di Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) yang letaknya Di Jalan lintas Talang Akar -Pendopo Kecamatan Talang Ubi. Meski ada beberapa sarana belum lengkap, tetapi secara keseluruhan bangunan sekolah tersebut saat ini sudah siap menampung siswa untuk menimba ilmu disana.

Bahkan, pihak SLB Negeri PALI telah membuka pendaftaran tenaga pengajar dan siswa. "Kami telah membuka peluang bagi warga PALI apabila ingin mengabdi di SLB untuk mendidik anak-anak spesial dengan kebutuhan khusus agar melayangkan lamarannya ke kami," ungkap Fadri Zuhri, Kepala SLB Negeri PALI, Rabu (19/3).

Sosialisasi keberadaan SLB di PALI telah gencar dilakukan pihak sekolah agar menarik minat para orangtua yang memiliki anak spesial untuk menyekolahkannya di SLB.

"Kami gencar menyampaikan melalui berbagai forum, menyurati Camat, Lurah/Kades, Ketua RW/RT/Kadus, tokoh agama, tokoh masyarakat untuk menyampaikan informasi kepada warganya yang memiliki anak dalam kondisi berkebutuhan khusus yang masih dalam usia sekolah SD atau SMP agar dapat menyekolahkan anak tersebut di SLBN PALI," terangnya

Karena diakui Fadri bahwa selama ini mungkin banyak orang tua malu menyekolahkan anaknya di sekolah umum, berimbas pada hak pendidikan yang seharusnya diterima anak terputus.

"Dengan adanya SLB, tidak ada lagi pembatas antara anak normal dan berkebutuhan khusus dalam mendapatkan hak pendidikan. Untuk masa penerimaan siswa SLBN PALI dimulai bulan Mei s/d Juli 2019, surat edaran resminya akan menyusul," imbuh Fadri.

Ditambahkan Fadri bahwa SLB yang dibangun di PALI dananya bersumber dari pemerintah provinsi, tetapi dari Dinas Pendidikan PALI juga membantu dalam penyelesaian bangunan SLB.

"SLBN PALI langsung dibawah naungan provinsi. Sarana memang masih kurang karena kita baru, tetapi kita tetap akan operasikan sekolah itu tahun ini, dan sambil berjalan pihak provinsi akan melengkapinya," tambahnya.

Terpisah Kamriadi, Plt Dinas Pendidikan Kabupaten PALI membenarkan bahwa pihaknya turut andil dalam melengkapi sarana SLB sebagai dukungan Pemkab PALI atas keberadaan sekolah untuk anak berkebutuhan khusus.

"Kita bantu bangun talud. Tetapi secara keseluruhan SLB wewenang Pemprov, dari fisik bangunan sampai SDMnya," ucapnya(SN) 
Share:

No comments:

Post a Comment


Youtube SiniNews

Facebook SINI News

Followers

Subscribers


Postingan Populer

Blog Archive

Comments

Berita Utama

sitemap

Recent Posts