Datang Seorang Diri, Begini Tujuan Nenek Tunanetra ke PALI

PALI - Didampingi Plt Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) Metty Etika, Dr Hj Murtini, nenek penyandang disabilitas datangi kantor Bupati PALI, Jalan Merdeka KM 10 Kelurahan Handayani Mulya Kacamatan Talang Ubi, Senin (6/5).

Kedatangan perempuan berumur 63 tahun itu bertujuan memotivasi penyandang disabilitas atau difabel supaya mandiri dan tidak menjadi beban terhadap keluarganya.

Disamping itu, dikatakan Hj Murtini, wanita tunanetra asal Kota Tengerang Banten saat diwawancara media ini, bahwa dirinya selain mendatangi Kabupaten PALI, juga telah memijakan kakinya di 616 daerah Kabupaten/kota di Indonesia.

"PALI merupakan daerah terakhir yang saya kunjungi, keinginan saya adalah pecahkan rekor MURI seorang wanita cacat bisa sambangi 616 daerah untuk meninjau pelayanan terhadap warganya yang mengalami kekurangan fisik atau difabel," ungkap Hj Murtini.

Diakuinya bahwa kedatangannya dirinya ke PALI sudah sejak Minggu (5/5), yang langsung menuju Mapolsek Talang Ubi.

"Setiap saya pijakan kaki ke suatu daerah, pertama sekali saya datangi adalah kepolisian, karena pilar keamanan dan kenyamanan penyandang difabel terletak pada ketegasan pihak kepolisian. Selanjutnya ke pemerintah daerah yang mempunyai wilayah dan seterusnya Dinsos, Kejari, Depag, PLN, Sekwan, BPN dan Samsat," urainya.

Dirinya juga telah menyampaikan keinginannya agar pemerintah pusat memberikan modal usaha terhadap warga penyandang difabel.

"Saya berkeliling sejak tahun 2014, dan saya pernah sampaikan kepada menteri sosial agar penyandang difabel dikasih modal jangan dikasih hati. Sebab, saya berkeinginan orang cacat harus mandiri bukan jadi beban, dan setiap bantuan harus dikembangkan bukan terus-terusan meminta kepada pemerintah," tandasnya.

Sementara itu, Metty Etika menyatakan bahwa pihaknya akan mendampingi Hj Murtini untuk mengelilingi PALI.

"Tentu kedatangan ibu Murtini memotivasi penyandang difabel yang ada di PALI, dan kami kedepan bakal mendampingi dan membina setiap warga yang megalami kekurangan fisik agar bisa diberdayakan," ujar Metty. (sn)
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SINI NEWS YOUTUBE CHANNEL

Facebook SINI News

Pengikut

Subscribers

Postingan Populer

Arsip Blog

Comments

Berita Utama

sitemap

Recent Posts