Pages

Monday, July 15, 2019

Bakar Lahan Gambut, Titik Api Akhirnya Takluk

PALI, SININEWS.COM - Kebakaran lahan gambut yang terjadi sejak empat hari lalu di Desa Prambatan Kecamatan Abab Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), akhirnya bisa ditaklukkan setelah tim terpadu penanggulangan Karhutlah dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten PALI, TNI, Polisi dibantu pekerja dari PT Golden Blossom Sumatera (GBS) setelah dua hari berjibaku melalukan pemadaman. 

"Alhamdulillah titik api dilokasi kebakaran sudah berhasil kita padamkan. Sempat kita kewalahan karena lokasi merupakan lahan gambut, namun berkat kerja keras tim, akhirnya upaya kita berhasil," ungkap Junaidi Anuar, Kepala BPBD PALI, Senin (15/7).

Pada kebakaran lahan gambut di wilayah Desa Prambatan, lebih kurang 10 hektar lahan warga yang merupakan lahan tidur hangus. "Lahan itu merupakan lahan warga bersebelahan dengan lahan perkebunan kelapa sawit milik PT GBS. 10 hektar lebih hangus dan lahan lainnya berhasil diselamatkan," imbuh Junaidi. 

Namun demikian, Junaidi menyatakan bahwa pihaknya tetap mewaspadai titik api kembali timbul dengan memantau sekitar lokasi bekas kebakaran. 

"Kita tugaskan beberapa anggota TRC BPBD untuk memantau dan meminta pihak GBS serta warga untuk segera melaporkan apabila titik api kembali muncul. Sebab lokasi kebakaran adalah lahan gambut yang mudah terbakar terlebih saat ini kondisi dilapangan cukup kering," terangnya. 

Untuk hindari kebakaran serupa, Junaidi tetap sampaikan himbauan kepada masyarakat agar tidak membakar lahan apabila membuka ladang baru. 

"Agar tidak timbulkan bencana asap, maka kami himbau agar masyarakat untuk hindari bakar lahan," tutupnya. (sn)

0 komentar:

Post a Comment