Pages

Thursday, July 25, 2019

Datangi Kejari PALI, Dua Wakil Warga Air Itam Bawa Temuan Normalisasi Sungai di Desanya



PALI, SININews.com -, Normalisasi Sungai Batanghari Desa Air Itam Kecamatan Penukal Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) yang telah dikerjakan menggunakan APBD Kabupaten PALI tahun 2018 yang menuai protes sejumlah warga setempat berbuntut panjang. 

Dua warga yang menyatakan mewakili masyarakat pada Kamis (25/7) mendatangi Kejaksaan Negeri (Kejari) PALI untuk mengadukan permasalahan itu agar ditindaklanjuti, karena menilai pekerjaan normalisasi tersebut hasilnya tidak sesuai dengan perencanaan. 

"Kami datang ke Kejari untuk sampaikan kekecewaan warga Desa Air Itam terhadap hasil pekerjaan normalisasi. Pekerjaan itu hanya mengeruk pinggir sungai saja, sementara tengahnya tidak tersentuh sehingga sungai tetap dangkal," kata Waren salah satu warga yang juga menjabat Kepala Desa Persiapan Air Itam Selatan.

Kedatangan Waren didanpingi, Mukrin, tokoh masyarakat Air Itam. Penuturan Mukrin mengharapkan laporannya bisa segera ditindaklanjuti.

"Pembangunan normalisasi itu menelan dana Rp 5 M lebih, dibangun dua tahap dari APBD induk dilanjutkan APBD perubahan. Sayang apabila hasilnya seperti itu, banyak uang negara yang menguap. Kami berharap pihak penegak hukum untuk memeriksa temuan itu. Laporan kami bukan hanya di Kejari, tapi juga ke Tipikor Dan BPK," terang Mukrin. 

Laporan dua warga Air Itam langsung diterima Kepala Kejari PALI, Yunitha Arifin. Saat pertemuan itu, Kajari PALI menegaskan pihaknya segera mengecek ke lapangan dan memanggil pihak terkait. 

"Kita segera proses, kalau memang itu ada penyelewengan kita tindak," tandasnya. 

Terpisah, Etty Murniaty, Kepala Dinas PUBM Kabupaten PALI menyatakan bahwa pihaknya telah mengutus PPTK normalisasi sungai tersebut. 

"PPTK sudah kita perintahkan untuk turun ke lapangan, mengecek dan menghitung volume pekerjaan," ucap Etty.

0 komentar:

Post a Comment