Pages

Monday, July 1, 2019

Kaum Difabel Bisa Berkarya, Dinsos PALI Buka Pelatihan

PALI, SININEWS.COM -- Bagi warga Bumi Serepat Serasan yang miliki anggota keluarga mengalami keterbatasan fisik atau penyandang disabilitas agar ikuti program Dinas Sosial (Dinsos) untuk ikut pelatihan wirausaha diberbagai bidang. Pelatihan tersebut gunanya agar kaum difabel tidak menjadi beban keluarga, namun bisa berkarya dan mandiri.

Dikemukakan Plt Kepala Dinsos PALI, Metty Etika melalui Kabid Pelayanan dan Rehabilitasi Sosial, Fahrudin, Senin (1/7). Menurut Fahrudin bahwa pelatihan bagi penyandang disabilitas secara gratis bahkan mendapatkan uang saku dan transport. 

"Pelatihan dilaksanakan di Balai Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Fisik (BRSPDF) Budi Perkasa kota Palembang. Nantinya warga difabel bakal ikuti pelatihan-pelatihan sesuai bakat atau pun kondisi fisik warga bersangkutan," ungkap Fahrudin. 

Diakuinya, program tersebut di PALI masih minim peminat. Tahun 2019 ini, hanya ada dua orang yang ikut program pelatihan kerja.

"Sebenarnya banyak bidang pelatihan bagi kaum difabel, seperti kerajinan, menjahit, perbengkelan atau nglas dan masih banyak lagi jenis pelatihan lainnya. Hanya saja masih kurang peminat, kendalanya dari sisi mental bersangkutan. Namun, kita gencar mensosialisasikan agar ada dorongan dari pihak keluarga untuk memberikan kepercayaan diri bagi anggota keluarganya yang memiliki keterbatasan fisik," papar Fahrudin. 

Syarat untuk ikut pelatihan cukup mudah, diterangkan Fahrudin hanya perlu yang bersangkutan bisa membaca  kecuali penyandang tunanetra. 

"Bisa baca, cukup menjadi syarat pelatihan di Balai RDPDF secara gratis, dan 6 bulan kemudian sudah siap kerja. Untuk itu, apabila ada yang berminat, silahkan datang langsung ke kantor Dinsos PALI," tutupnya.

0 komentar:

Post a Comment