Luar Biasa, Harga Buncis Tembus Rp 15000 Per Kg

MUARA ENIM, SININEWS.COM -- Harga sayuran kembali bergerak naik. Besarannya bervariasi, mulai Rp 1.000 hingga Rp 7.000 per kg, tergantung jenisnya. Stok yang terbatas menjadi penyebab kenaikan harga ini.

Seperti diungkapkan pedagang sayuran Ediar (52) di Pusat pasar pagi Muara Enim mengatakan, sejumlah sayuran yang mengalami kenaikan ini seperti buncis yang dipasarkan di kisaran Rp 7.000 ribu per kilo sebalumnya hanya Rp 8.000  per kilo. Namun saat ini dipasarkan di harga Rp 15.000 per kilonya.

Selain itu, kubis juga mengalami kenaikan dari harga Rp 5.000 perkilo  menjadi Rp 10.000 per per kilo. Kemudian sawi dari harga normal Rp 6.000 per kilo, saat ini menjadi Rp 10.000 per kg.  “Sayuran yang mengalami kenaikan buncis, kubis dan sawi,” ungkap Ediar, Jumat (5/7).

Sedangkan untuk cabe merah dan bawang merah dan bawang putih tidak mengalami kenaikan harga. Kondisi sayura mengalami kenaikan, kata dia, karena petani di Pagaralam dan Curup tengah fokus penen kopi. Sementara sayuran kondisinya kurang menjanjikan karena memasuki musim kemarau.

“Untuk sayuran dipasok dari Pagaralam dan Curup. Namun di daerah tersebut tengah panen kopi, jadi sebagian petani lebih memilih untuk memanen kopi. Kalau pun ada sayuran yang dikirim sedikit sehingga harganya naik ditambah cuaca kemarau. Untuk cabe dipasok dari Jogyakarta jadi harganya agak mahal mulai dari sebelum lebaran,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala UPTD PasarMuara Enim Herman menjelaskan, kenaikan harga sayuran ini dinilai masih normal. Karena pasokan dari penghasil sayuran seperti Pagaralam dan Curup masih lancar.

Selain sayuran, cabai rawit masih bertahan mahal di kisaran Rp 65 ribu  per kilo. Sementara bawang merah dan bawang putih di harga Rp 37.000 per kilo. Daging sapi Rp 125 per kilo, ayam boiler Rp 30 ribu per kilo dan ayam kampung Rp 70 per kilo.

Sedangkan bahan pokok lainnya seperti beras berkaisaran mulai dari Rp 10 ribu per kilo hingga Rp 11 ribu per kilo. Gula pasir Rp 12 ribu per kilo, telur Rp 23 ribu per kilo, minyak goreng curah Rp 11 ribu per kilo dan minyak goreng kemasan Bimoli Rp 13 ribu per kilo.

“Dari laporan minggu ke empat bulan 6, harga sembako masih normal tidak mengalami kenaikan. Untuk minggu pertama bulan ini (Juli, red) masih dalam pemantauan harga,” pungkasnya.
Share:

No comments:

Post a Comment


Youtube SiniNews

Facebook SINI News

Followers

Subscribers


Postingan Populer

Blog Archive

Comments

Berita Utama

sitemap

Recent Posts