Pages

Friday, July 19, 2019

Normalisasi Sungai Desa Air Itam Disoal Warga


PALI, SININEWS.COM - Pekerjaan normalisasi sungai Batanghari Air Itam yang terletak dalam wilayah Desa Air Itam Kecamatan Penukal Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) yang telah dikerjakan bersumber dari APBD PALI tahun 2018 dipersoalkan warga setempat lantaran hasil dari pekerjaan itu dinilai warga jauh dari harapan.

Protes warga akan hasil pekerjaan normalisasi sungai Batanghari Air Itam disampaikan Waren, Kepala Desa Persiapan Air Itam Selatan.

Waren menyampaikan kekecewaannya bahwa pekerjaan normalisasi dinilai asal-asalan, yang dikerjakan hanya mengeruk pinggiran sungai sementara bagian tengah sungai dibiarkan.

"Tujuan normalisasi adalah agar aliran air lancar dan mengeruk pendangkalan sungai agar ketika hujan deras tidak menimbulkan banjir. Namun fakta dilapangan hasilnya amburadul," ucap Waren, Jumat (19/7).

Akibat banyaknya temuan dilapangan yang janggal, waren memastikan dirinya bersama warga meminta pelaksana pekerjaan untuk bertanggung jawab.

"Indikasi proyek yang kami anggap asal-asalan ini akibat mengejar keuntungan besar dan kurangnya pengawasan dari instansi terkait. Kami bakal bawa masalah ini ke Kejari PALI," tandasnya.

Rencana tegas untuk melaporkan masalah itu ke penegak hukum bukan tanpa alasan, sebab diakui Waren bahwa warga sekitar kerap menegur pihak pelaksana saat pengerjaan, namun seolah angin lalu dan tidak pernah digubris.

"Bahkan saya selaku kepala desa sering menghubungi kepala PU agar melakukan pengawasan ekstra terhadap pekerjaan itu, namun pihak PU tidak merespon. Atas dasar itu dan banyaknya keluhan warga, dalam waktu dekat ini kami bakal datangi Kejari," tegasnya.

Sementara itu, pihak PUBM Kabupaten PALI sampai berita ini diturunkan belum bisa dihubungi. (sn)

0 komentar:

Post a Comment