Pages

Tuesday, August 6, 2019

MEMBANGUN DESA DENGAN KREATIF DAN INOVATIF MELALUI KONSEP “BERKARYA”

SININEWS.COM - Pada Agustus 2019 ini ada sebanyak 33 desa di 5 Kecamatan dalam wilayah Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) Sumatera Selatan yang akan melaksanakan Pemilihan Kepala Desa Serentak. Dan saat ini sedang dalam persiapannya. Hal ini disampaikan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) A Gani Akhmad baru baru ini.

Di antaranya adalah Desa Tempirai Timur yang merupakan wilayah administrasi dalam Kecamatan Penukal Utara.  Salah satu calon Kepala Desa Tempirai Timur, Bunga Ekasari, M. Pd salah satu calon perempuan di Tempirai Raya ketika digubungi, mengatakan bahwa keinginannya mencalonkan diri sebagai Kepala Desa Tempirai Timur, karena tergerak dan termotivasi ingin memajukan Desa melalui visi terciptanya tata kelola Pemerintahan Desa yang baik dan profesional guna mewujudkan Desa Tempirai Timur BERKARYA (Bersih, Elok, Rapi, Kreatif, Aman, Religius dan Berbudaya) melalui program pengembangan Desa Wisata (Dewi) dan Desa Digital (Dedi).

Jabaran dari visi tersebut akan dapat terlaksana, jelas calon Kepala Desa Tempirai Timur, Bunga Ekasari, M. Pd ini adalah melalui misi yang akan diusung, yaitu; Mengedepankan kejujuran, keadilan, transparansi dalam pengelolaan sumber dana yang transparan, akuntabel dan dapat dipertanggungjawabkan dalam kehidupan sehari – hari baik dalam pemerintahan maupun dengan masyarakat desa; Mewujudkan pemerintahan desa yang baik, berwibawa dan profesional dengan memberdayakan peranserta perangkat desa dan masyarakat dalam pembangunan agar tercipta pengambilan keputusan yang cepat, tepat dan pasti;  Mewujudkan keamanan, ketertiban dan kenyamanan dilingkungan Desa; Meningkatkan kesehatan, kebersihan desa serta mengusahakan Jaminan Kesehatan Masyarakat melalui program pemerintah; Meningkatkan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat desa dan daya saing desa; Meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa dengan mewujudkan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dan program lain untuk membuka lapangan kerja bagi masyarakat desa, serta meningkatkan produksi kerajinan rumahtangga kecil; Meningkatkan sarana dan prasarana dari segi fisik, ekonomi, pendidikan, kesehatan, olahraga dan kebudayaan di desa; Meningkatkan kehidupan yang harmonis, toleran, saling menghormati dalam kehidupan berbudaya dan beragama dan membangun mental spiritual bagi seluruh birokrasi dan masyarakat, untuk mewujudkan desa Tempirai Timur yang religius dan bermartabat melalui peningkatan mutu lembaga pendidikan dan keagamaan yang ada; Memberdayakan peran serta tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pendidik dan generasi muda dalam pembangunan desa;  Mengoptimalkan sumberdaya alam Desa Tempirai Timur menjadi Desa Wisata untuk meningkatkan pendapatan masyarakat.

Untuk mewujudkan harapan dan impian tersebut perlu adanya Penguatan peran serta Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa (LPMD) yang bertujuan untuk menggerakan dan mengembangkan partisipasi, gotong royong, kerjasama dan fungsinya.

Lembaga ini nantinya akan diisi oleh para tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pendidik, tokoh pemuda, dan para cendikiawan (pemikir), yang berperan memberikan masukan, saran dan ide melalui kajian ilmiah guna mewujudkan Desa Tempirai Timur Berkarya baik secara periodik, triwulan, semesteran maupun tahunan. Dan Pemberdayaan Para Perantau Asal Tempirai. 

Banyak orang pintar, cerdas, punya kompetensi dan berwawasan luas yang menduduki posisi penting diluar Desa Tempirai, baik di bidang pemerintahan, BUMN maupun swasta.  Karena itu pemikiran dan masukannya akan sangat dibutuhkan demi kamajuan Desa Tempirai Timur secara khusus, maupun Desa Tempirai Raya secara umum, melalui sebuah program khusus diskusi, secara periodik.

Salah satu tokoh masyarakat desa Tempirai Timur, yang tidak mau namanya disebut, mengemukan sangat mendukung sekali program dan sasaran dari calon Kepala Desa Tempirai Timur ini, apalagi salah satunya adalah memberdayakan masyarakat, baik yang berdomisili di Tempirai, maupun masyarakat perantau asal Tempirai, guna mewujudkan Desa Tempirai Timur menjadi Desa Wisata (Dewi) dan Desa Digital (Dedi).  Karena itu dalam pemilihan Kepala Desa Tempirai Timur nantinya, kiranya dapat memilih pemimpin yang mempunyai pola pikir kreatif dan inovatif. 

0 komentar:

Post a Comment