Pages

Thursday, September 19, 2019

Sudah Lama Dahaga Hujan, Pemkab Dan Masyarakat Shalat Istisqo

MUARA ENIM, SININEWS.COM - Setelah lama tidak diguyur hujan dan mengantisipasi kebakaran hutan yang bisa menimbulkan asap, Pemkab Muara Enim bersama masyarakat menggelar sholat istisqo' (minta hujan) serentak  dihalaman Pemkab Muar Enim, Kamis (19/9).

Dalam kegiatan ini, diikuti langsung oleh Plt Bupati Muara Enim H Juarsah SH, dan pejabat Pemkab Muaraenim, perwakilan Kodim 0404, Perwakilan Polres Muara Enim, pejabat Muspika dan Muspida Muara Enim, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Ratusan PNS dan Siswa sekolah.

Bertindak sebagai Imam dan Khotib pada kesempatan ini adalah KH Denawi pimpinan Pondok Pesantren Al-Haromain di Wilayah Semendo, Muara Enim.

Dalam kesempatan tersebut, Plt Bupati H Juarsah mengatakan, Kegiatan Sholat Istisqo' ini dilakukan serentak di Kecamatan-Kecamatan se-Kabupaten yang ada di Muara Enim.

“Sholat Istisqa' yang kita gelar ini bertujuan untuk meminta kepada Allah SWT agar menurunkan hujan ketika dibutuhkan. apalagi pada masa sekarang ini musim kemarau telah melanda wilayah Kabupaten Muara Enim yang menimbulkan kebakaran hutan dan lahan serta asap yang telah menimbulkan korban jiwa. Setelah  sholat istisqa' kita berharap agar segera dapat diturunkan hujan guna menghindari kekeringan panjang dan musibah lainnya seperti kebakaran hutan dan lahan,” ujarnya.

Dikatakan Juarsah, bahwa saatnya untuk kita intropeksi diri dan berusaha mengingat, bahwa mungkin selama ini kita banyak melupakan Allah SWT dengan tidak melaksanakan perintah-perintahnya serta melakukan segala larang-larangannya.

“Untuk itu, melalui momen shalat istiqa' ini, mari kita kembali merenungi diri betapa banyak nikmat Allah SWT yang diberikan kepada kita, dan sudah selayaknya sebagai hambanya untuk pandai-pandai bersyukur kepada-Nya.
Saat ini,”harapnya.

Juarsah juga mengatakan, semua hal telah banyak lakukan bersama TNI, Polri dan masyarakat untuk melakukan pemadaman api dan sosialisasi Karhutla kepada masyarakat terutama petani, tetapi karena kemarau panjang kebakaran lahan masih saja terjadi.

“Tidak ada jalan lain dan yang bisa menolong kecuali hanya kepada Allah SWT. Marilah kita merendahkan diri serendah-rendahnya sehingga bisa dikabulkan. Jangan menjadikan
Sholat Istisqo' ini hanya sebagai kewajiban tetapi harus melaksanakannya dengan penuh keikhlasan dan memohon hanya kepada Allah SWT,” tukasnya.

Sebelum mengakhiri sambutan, Juarsah mengakak semua yang hadir untuk menjadikan sholat Istiqo' dan Do'a Bersama ini sebagai momentum untuk medekatkan diri dan memohon pertolongan kepada Allah SWT atas sesuatu yang dianggap sulit serta menjadi jembatan tali silaturrahmi untuk mengenal satu sama lain. 

“Hal ini tentunya akan meningkatkan hubungan yang baik dengan Allah SWT serta hubungan baik antara sesama manusia untuk saling bahu membahu dalam membangun Kabupaten Muaraenim yang kita cintai ini yang berlandaskan nilai-nilai moral agama Islam sehingga visi Kabupaten Muaraenim Untuk Rakyat (Merakyat) yang Agamis, Berdaya Saing, Mandiri, Sehat dan Sejahtera dapat terwujud,” pungkasnya.

0 komentar:

Post a Comment