Jadikan Desa Pengabuan Sebagai Lumbung Padi, Ini Yang Jadi Usulan Dewan PALI


Foto, lahan sawah di Desa Pengabuan




PALI -- Bentangan lahan sawah baru di Desa Pengabuan Kecamatan Abab Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) yang luasnya lebih kurang 1.000 hektar berpotensi menjadi salah satu wilayah lumbung padi apabila dikelola dengan baik serta ditunjang infrastruktur pendukung yang lengkap.

Untuk itu, Afias, salah satu anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten PALI mengusulkan selain membangun irigasi, jalan menuju sawah milik petani juga harus diperhatikan. 

"Saya nilai saat ini lokasi sawah di Desa Pengabuan sudah layak untuk lahan pertanian. Irigasi telah dibangun berikut penunjang lainnya, namun jalan juga tidak kalah pentingnya sebagai akses petani untuk mempermudah menuju lahan sawah atau saat mengeluarkan hasil panennya," saran Afias, Rabu (18/12).

Sebagai anggota dewan yang lahir di Desa Pengabuan, selain mengusulkan ke Pemkab PALI, Afias juga meminta pihak perusahaan yang beroperasi disekitar Desa Pengabuan untuk berkontribusi membangun sarana bagi petani padi. 

"Alhamdulillah dari Pertamina Adera sudah ada respon untuk membantu perbaikan jembatan penghubung yang kondisinya saat ini memprihatinkan. Hanya saja, pihak Adera meminta rencana anggaran perbaikan dari pihak pemerintah. Kami juga berharap, bukan hanya dari Adera, tapi juga perusahaan lainnya ikut berpartisipasi," imbuh anggota dewan dari PKS itu. 

Dengan lengkapnya infrastruktur, Afias yakin Desa Pengabuan akan mampu memasok kebutuhan beras di Kabupaten PALI.

"Potensi itu ada, tinggal lagi pembinaan dinas terkait untuk mendorong petani mengolah sawahnya dengan baik agar produksi gabah bisa maksimal. Karena selama ini petani sawah di Pengabuan khususnya masih otodidak, cara bersawah masih cara turun temurun dengan kebiasaan menanam padi menggunakan bibit yang panen 6 bulan, jadi tidak bisa memanen dua kali dalam setahun," tambahnya. 

Sebelumnya, Erizon, Plt Kepala Dinas Pertanian Kabupaten PALI menyebutkan bahwa pihaknya di tahun 2020 memprioritaskan pertanian padi sebagai upaya mewujudkan swa sembada pangan di Bumi Serepat Serasan. 

"Memaksimalkan pengelolaan lahan sawah akan mampu mendongkrak produksi padi di PALI. Pemkab juga bakal membantu benih dan pupuk melalui kelompok tani. Mudah-mudahan dengan pengelolaan baik dipandu petugas lapangan selain produksi padi melimpah juga kesejahteraan petani juga terangkat," kata Erizon. (sn) 




Share:

2 komentar:

SINI NEWS YOUTUBE CHANNEL

Facebook SINI News

Pengikut

Subscribers

Postingan Populer

Arsip Blog

Comments

Berita Utama

sitemap

Recent Posts