Cegah Nikah Usia Anak, DPPKBPPPA PALI Bentuk Pik-R Kecamatan Talang Ubi

PALI -- Hindari permasalahan remaja terutama menekan angka pernikahan pada usia anak serta memberikan ruang atau suatu wadah kegiatan program bagi remaja, Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBPPPA) Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) melalui Penyuluh Lapangan KB membentuk Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R) tingkat Kecamatan Talang Ubi, Selasa (4/2) di SMP PGRI Talang Ubi. 

Pembentukan Pik-R juga diisi sosialisasi dengan narasumber dari PLKB DPPKBPPPA PALI, yakni Warsito dan Putri dengan materi pendewasaan usia perkawinan dan Triad KRR atau pencegahan pernikahan dini, seks pra nikah serta narkoba, dengan jumlah peserta sebanyak 30 pelajar. 

Menurut Yenni Nopriani, Kepala DPPKBPPPA PALI bahwa permasalahan remaja merupakan permasalahan yang sangat kompleks mulai dari jumlahnya yang cukup besar hingga permasalahan seputar kesehatan reproduksi remaja. 

"Jumlah yang sangat besar tersebut adalah potensi yang memerlukan pengelolaan yang terencana, sistematis dan terstruktur agar dapat dimanfaatkan menjadi modal pembangunan kedepan," ujar Yenni. 

Dalam rangka merespon permasalahan remaja tersebut diatas, dijelaskan Yenni bahwa pemerintah melalui BKKBN mengembangkan Program GenRe. 

"Program GenRe adalah program yang dikembangkan dalam rangka penyiapan kehidupan berkeluarga bagi remaja melalui pemahaman tentang pendewasaan usia perkawinan sehingga mereka mampu melangsungkan jenjang pendidikan secara terencana," terangnya. 

Untuk mendukung program GenRe, Yenni juga membentuk Pik-R. 

"Pusat Informasi dan Konseling Remaja (Pik-R) adalah suatu wadah kegiatan program PKBR yang dikelola dari, oleh dan untuk remaja guna memberikan pelayanan informasi dan konseling tentang Perencanaan Kehidupan Berkeluarga Bagi Remaja serta kegiatan-kegiatan penunjang lainnya. PIK Remaja adalah nama generik," tuturnya. (sn) 
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SINI NEWS YOUTUBE CHANNEL

Facebook SINI News

Pengikut

Subscribers


Postingan Populer

Arsip Blog

Comments

Berita Utama

sitemap

Recent Posts