Pages

Saturday, March 21, 2020

Antisipasi Banjir, Perkim Nirmalisasi Sungai Pangkalan Kute

MUARA ENIM, SININEWS.COM - Tingginya intensitas hujan beberapa waktu belakang membuat air sungai Pangkalan Kute meluap dan berakibat 40 rumah di Kelurahan Gelumbang, Kecamatan Gelumbang tadi malam (20/03) terendam banjir.

Plt. Bupati Muara Enim, H. Juarsah, S.H melakukan peninjauan langsungnya di lokasi, dan segera mengintruksikan Dinas Perumahan & Kawasan Permukiman (Perkim) untuk melakukan normalisasi sungai dan merubah gorong-gorong menjadi jembatan.

Normalisasi Sungai Pangkalan Kute direncanakan sepanjang 2,5 kilometer dengan melintasi jalan raya. Nantinya gorong-gorong dibawah jalan raya tersebut akan dibuat jembatan sehingga aliran sungai dapat melintas dengan leluasa tanpa hambatan. 

Rencana yang disampaikan Plt. Bupati tersebut disambut baik oleh warga Gelumbang dan berharap hal ini menjadi solusi terbaik dalam menanggulangi kejadian banjir yang terus terulang di kedua RW di Kelurahan Gelumbang tersebut.

“Kita berharap, dengan dilakukannya normalisasi sungai dan penambahan gorong gorong makan kedepannya bila hujan kembali deras , air di sungai Pangkalan Kute bisa lanjar dan tidak terhadi lagi genangan,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu juga, Plt. Bupati Muara Enim juga menyerahkan bantuan kebutuhan pokok kepada warga yang terdampak banjir. Selain itu,
Plt. Bupati didampingi Camat Gelumbang menyempatkan diri untuk mengecek ketersediaan dan harga kebutuhan pokok pada beberapa toko di Kelurahan Gelumbang sehubungan dengan status darurat siaga bencana non-alam virus corona (Covid-19). 

Plt. Bupati berpesan kepada masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan dalam menghadapi musim penghujan dan juga menjaga diri sebaik-baiknya agar tidak terinfeksi virus corona.(SN)

0 komentar:

Post a Comment