Kepala Inspektorat PALI Himbau Warga Jangan Sebar Berita Bohong Terkait Corona

PALI -- Larangan dalam penyebaran berita yang belum jelas sumbernya terkait wabah corona disampaikan Kepala Inspektorat Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), Kartika Yanti saat mensosialisasikan pencegahan Covid-19 di Desa Persiapan Jerambah Besi Kecamatan Talang Ubi, Kamis (2/4).

Menurut Kartika bahwa pelaku penyebar berita hoax bakal dijerat hukum, sebab imbas dari berita yang menyesatkan menimbulkan keresahan ditengah-tengah masyarakat.

"Kami menghimbau warga untuk bijak dan selektif dalam menyaring berita yang diterima. Jangan asal menyebarkan apalagi melalui media sosial, yang jelas dapat menimbulkan simpang siur dan membuat gaduh. Tentu saja, bagi pelakunya bakal berurusan dengan hukum," kata Kartika. 

Pada sosialisasi tersebut, Kartika juga mengajak masyarakat untuk ikut patuhi anjuran pemerintah dalam mencegah corona. 

"Covid-19 tidak akan selesai hanya dengan sosialisasi, tetapi harus didukung semua elemen masyarakat. Kita semua harus bersatu lawan corona," tukasnya. 

Sementara itu, Irwan ST, wakil ketua I DPRD PALI yang ikut dalam kegiatan tersebut didampingi Aswawi Mansur, anggota Komisi I DPRD PALI menjelaskan bahwa dari pengamatannya di beberapa negara,  salah satunya negara Italia. Yang mana Italia itu salah satu negara terbaik dalam sisi kesehatan, tetapi karena menyikapi corona dianggap gurauan akhirnya negara ini terpuruk.

"Apa yang terjadi saat ini di Italia, setiap hari sedikitnya 427 warganya meninggal dunia. Dan dalam tempo tiga hari ada 1.529 warga Italia meninggal. Dari situ kita harus renungi, jangan sampai kejadian itu terjadi di kita. Untuk itu mari kita patuhi anjuran pemerintah, paling tidak hindari bersalaman, sesering mungkin cuci tangan pakai sabun, kurangi dalam kerumunan karena penyebaran virus itu salah satunya dari kontak langsung," ujar Irwan ST. 

Ditambahkan Irwan ST bahwa imbas corona bukan hanya berdampak pada kesehatan, tetapi juga mampu melumpuhkan ekonomi. 

"Kita berdo'a dan berupaya semoga wabah ini cepat berakhir. Namun meski saat ini kita semua cemas, tapi kecemasan itu sampai jangan berlebihan," pesan Irwan. 

Dalam giat sosialisasi cegah penyegaran virus corona di Desa Persiapan Jerambah Besi, turut hadir juga kepala Disdukcapil PALI, Rismaliza, Kepala DPPKBPPPA PALI, Yenni Nopriani, Kepala Kesbangpol, Sangkut, Kepala Dishub Slamet Suhartopo, Kepala Dinsos Metty Etika dan sejumlah OPD yang tergabung pada tim Satgas penanggulangan penyebaran Covid-19 kabupaten PALI. (sn) 





Share:

No comments:

Post a Comment



Youtube SiniNews

Facebook SINI News

Followers

Subscribers


Postingan Populer

Blog Archive

Comments

Berita Utama

sitemap

Recent Posts