HD: Kesadaran Masyarakat Jadi Hal Penting Cegah Penyebaran Covid

MUARA ENIM, SININEWS.COM - Selain upaya upaya yang dilakukan pemerintah dalam menekan penyebaran virus covid19 yang saat ini menjadi perhatian semua, seperti menerbitkan aturan pembatasan di beberapa kepentingan, kesadaran masyarakat untuk mematuhi aturan yang dibuat menjadi salah satu hal yang tidak kalah penting. 

Hal ini dikatakan Gubernur Sumsel H Herman Deru saat diwawancara dalam kunjungannya meninjau posko gugus tugas covid-19 di Kabupaten Muara Enim dan daerah lainnya, Kamis (21/05/2020) bersama jajaran.

“Jadi kalau masyarakatnyo sadar, aku yakin kemungkinan penyebaran akan semakin kecik. Jadi taat taatla dengan aturan yang dibuat pemerintah. Mereka buat aturan itu ado tujuannyo, jadi jangan galak sekendak dewek. Amen kito sayang diri dan keluargo, cubola taati aturan,” ujar HD.

Selain hal diatas, HD juga mengatakan, banyak sekali hal yang perlu diperhatikan oleh pemerintah daerah, seperti UMKM yang juga menerima dampak dari pandemik corona. “Mereka juga harus kita perhatikan. Karena kalau tidak, usaha usaha kecil bisa mati,” tambahnya.

Dalam menghadapi pandemik ini lanjut HD, semua pihak harus terlibat, bukan hanya pemerintah, perseorangan swasta dan masyarakat juga harus ikut berperan dan ambil bagian dalam menghadapi permasalahan yang besar ini.

“Sumsel ini kaya, banyak perusahaan yang beroprasi di Sumsel ini. Mereka harusnya ikut berperan. Jangan hanya mengeksploitasi hasil buminya saja, tapi juga ikut membantu kita,” terang HD.

Mereka bisa dimintai bantuan dalam bentuk apapun. “Kalau kita ada kebutuhan untuk penanggulangan, kita harusnya tinggal minta kepada mereka. Jangan terima uang, tapi minta apa yang kita butuhkan biar mereka yang membeli,” tambahnya.

Satu lagi yang diingatkan oleh Gubernur yakni stikma terhadap penderita. “Mereka adalah korban. Jadi jangan kita buat mereka seolah olah orang yang harus kita jauhi dan asingkan. Hal itu juga berdampak pada mental mereka,” terangnya.

Dan terakhir Gubernur juga mengingatkan kepada gugus tugas agar jumlah data yang disampaikan jangan lagi semuanya diakumulasi. “Kalau memang sudah sembuh atau sudah tidak dalam status ODP, hendaknya tidak dihiting lagi. Karena hal itu membuat seolah olah apa yang dilihat orang dari data tidak terjadi penurunan. Dipusatpun saat ini sudah tidak lagi mengakumulasi secara keselurhan. Dan daerah saya harap seperti itu juga,” tegasnya, seraya menambahkan agar masyarakat dalam hari raya kali ini untuk tidak mudik dan shala ied di rumah masing masing.

Sementara itu, Ketua Gugus Tugas Penanggulangan Covid19 Kabuoaten Muara Enim yang juga Plt Bupati H Juarsah dalam sambutannya melaporkan hal hal yang sudah dilakukan dan akan dilakukan oleh pihaknya.

“Kita sudah melakukan tiga kali refokusing anggaran penanganan covid19. Mulai dari kebutuhan penangan kesehatan pra dan pasac, juga penanggulangan dampak sosial dan ekonomi bagi masyarakat,” ujar Juarsah.

Pemerintah Kabupaten Muara Enim, lanjut Juarsah, sudah menyiapkan sekitar Rp146 Miliar guna penahan dampak pandemik covid19. “Kita harapkan dana yang kita siapkan bisa cukup untuk mengatasi masalah yang terjadi saat ini,” pungkasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur Herman Deru menyerahkan secara simbolis bantuan dari Provinsi berupa peralatan kesehatan yang dibutuhkan oleh gugus tugas covid19 serta meninjau langsung Rumah Sehat Covid Islamic yang merupakan tempat isolasi ODP wilayah Muara Enim.(sn)
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SINI NEWS YOUTUBE CHANNEL

Facebook SINI News

Pengikut

Subscribers

Postingan Populer

Arsip Blog

Comments

Berita Utama

sitemap

Recent Posts