Program Transformasi Pertanian Mengolah Pertanian Menjadi Modern

INDRALAYA, SININEWS.COM - Transformasi Pertanian merupakan program Bupati Ogan Ilir, HM Ilyas Panji Alam, yang diluncurkan pada tahun 2020, yang  bertepatan dengan Perayaan HUT Kabupaten Ogan Ilir yang Ke-16 tahun.

Melalui program ini, petani akan di didik untuk mengubah pola pertanian tradisional menjadi lebih modern. Salah satunya dengan memanfaatkan alat-alat mesin pertanian modern yang dipinjamkan oleh Pemerintah Kabupaten OI kepada kelompok tani.

Dalam program ini, Pemerintah Kabupaten OI akan mengutamakan pemanfaatan lahan tidur yang akan dijadikan lahan pertanian yang produktif. Sehingga dapat memberikan nilai tambah, baik bagi lingkungan maupun bagi perekonomian di masyarakat. 

Manfaat dari Transformasi pertanian ini salah satunya termanfaatnya lahan tidur yang selama ini terbengkalai di Kabupaten OI. Kemudian mencegah kebakaran hutan dan lahan (karhutlah), mendidik petani untuk lebih mandiri, mengajarkan modernisasi pertanian, meningkatkan jiwa bertani dikalangan masyarakat, dan meningkatkan pendapatan kesejahteraan masyarakat.

Mekanisme tahapan progranTransformasi pertanian yang akan dilaksanakan yaitu, petugas akan mendata jumlah lahan tidur yang ada di seluruh Kabupaten OI, bagi warga yang memiliki lahan tidur juga dapat mendaftarkan diri pada PPL yang bertugas disetiap Desa dan Kelurahan. Pelaksanaan kegiatan bantuan untuk program tersebut, akan dilaksanakan pada tahun 2021 masyarakat dapat mulai mengelola lahan-lahan tidur yang ada dilingkunganya masing-masing.(Ber)
Share:

No comments:

Post a Comment


Youtube SiniNews

Facebook SINI News

Followers

Subscribers


Postingan Populer

Blog Archive

Comments

Berita Utama

sitemap

Recent Posts