Aliansi Angkutan Batubara Datangi PT EPI, Begini Keinginannya

PALI -- Ratusan kendaraan truk dan dum truk mendadak mendatangi PT Energate Prima Indonesia (EPI) di wilayah Desa Prambatan Kecamatan Abab Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) pada Kamis lalu (23/7) lalu. 

Kedatangan ratusan armada yang tergabung pada aliansi angkutan batubara itu tidak lain menanyakan kepada pihak sikap perusahaan atas permintaan masyarakat lokal yang memiliki kendaraan angkutan ukuran sedang untuk diperdayakan.

"Kami meminta pihak perusahaan agar memberdayakan masyarakat setempat yang memiliki armada dum truk atau truk ukuran sedang agar perekonomian masyarakat bisa pulih kembali terlebih saat ini masih dalam pandemi corona," ungkap Alung, koordinator aliansi angkutan batubara kepada media ini, Sabtu (25/7).

Disamping itu, Alung menyatakan bahwa aliansi mendesak perusahaan agar menyetop angkutan batubara ukuran besar atau tronton. 

"Kami juga menuntut pembangunan flyover disetiap perlintasan dan tenaga kerja lokal harus diutamakan mengingat pengangguran begitu banyak di wilayah desa kami," ujarnya pintanya.

Alung juga menegaskan apabila pihak perusahaan masih belum juga memberi solusi, pihaknya bakal mendatangi lagi PT EPI dengan membawa masa yang lebih banyak lagi. 

"Kami akan lakukan aksi yang lebih besar lagi apabila pihak perusahaan tidak ada kepastian," tandasnya. 

Sementara itu, Ketua Komisi II DPRD PALI meminta warga dan pihak perusahaan sebaiknya duduk bersama dalam menyelesaikan masalah agar tidak menimbulkan kerugian diantara kedua belah pihak. 

"Diketahui saat ini memang semuanya terdampak akibat wabah corona termasuk masyarakat, pengusaha kecil maupun menengah. Seperti halnya PT EPI yang tentu dalam kondisi sulit. Meski demikian, saya yakin pihak perusahaan itu akan memberikan solusi terbaik. Jadi untuk saat ini kami sarankan antara kedua belah pihak untuk duduk bersama jangan sampai ada yang dirugikan. Saya juga berharap para investor dapat terlindungi, aman dan nyaman serta warga sekitar bisa diberdayakan agar roda perekonomian di PALI kembali berkembang," harap politisi PDI-P itu. 

Sebelumnya, Jabat Manager operasional PT EPI mengemukakan bahwa usulan aliansi akan disampaikan ke pihak manajemen. 

"Kami akan laporkan keinginan aliansi ke atasan kami. Tetapi memang ada wacana dari manajemen akan memberdayakan warga sekitar, namun itu secara bertahap dan saat ini PT EPI baru beberapa bulan beroperasi lagi, jadi kami minta waktu," terang Jabat. (sn) 


Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SINI NEWS YOUTUBE CHANNEL

Facebook SINI News

Pengikut

Subscribers

Postingan Populer

Arsip Blog

Comments

Berita Utama

sitemap

Recent Posts