Embung Penampung Air Baku Dibangun Pemdes Sungai Langan

PALI -- Memenuhi kebutuhan masyarakat akan air bersih, Pemerintah Desa (Pemdes) Sungai Langan Kecamatan Penukal Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) membangun embung dengan memanfaatkan danau yang ada disekitar desanya menggunakan dana desa tahun 2020.

Danau yang menyimpan persediaan air yang cukup bersih tersebut kini tengah dikebut pembangunannya untuk persiapan musim kemarau tahun ini. 

Dikatakan Herman, Kepala desa setempat bahwa danau yang saat ini dibangun embung tidak pernah kering meski alami kemarau panjang serta kondisi airnya jernih dan layak untuk dikonsumsi. 

"Embung yang kita bangun saat ini merupakan permintaan warga melalui rapat desa. Sebab, ketika kemarau panjang, warga susah mendapatkan air bersih. Pembangunan embung tersebut khusus untuk penampungan air baku atau air konsumsi bukan untuk pemandian," ungkap Kades, Rabu (29/7).

Pembangunan embung tersebut diakui Kades didesain khusus agar tidak disalahgunakan masyarakat untuk mandi dilokasi embung. 

"Akan kita pagar keliling supaya tidak ada warga yang mandi. Juga bakal dibangun tower air agar bisa disalurkan ke rumah-rumah warga," tukasnya. 

Untuk dana desa tahun 2020 ini, Kades menyebut bahwa Pemdes hanya bisa membangun embung tersebut yang diprediksi akhir tahun ini sudah rampung. 

"Tahun ini pembangunan fisik hanya embung itu dengan ukuran panjang 45 meter dan lebar 22 meter. Minimnya pembangunan fisik karena anggaran dana desa banyak dialihkan untuk mengatasi Covid-19. Salah satunya penyaluran BLT-DD, dimana di desa kami ada 215 KK yang menerima bantuan itu," tutupnya. (sn) 
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


SINI NEWS YOUTUBE CHANNEL

Facebook SINI News

Pengikut

Subscribers

Postingan Populer

Arsip Blog

Comments

Berita Utama

sitemap

Recent Posts