Hujan disertai Petir Tumbangkan Pohon dan Timpa Rumah di Talang Ubi Barat

PALI -- Pohon yang ukurannya lumayan besar tumbang dan menimpa rumah milik Agra Nugraha yang terletak di RT 08/RW 03 kelurahan Talang Ubi Barat, kecamatan Talang Ubi Kabupaten PALI, Senin (13/7/2020).

Tumbangnya pohon tersebut akibat hujan deras disertai petir yang terjadi sekitar pukul 15.00 WIB.

Dari keterangan Hasna (46), istri Agra Nugraha bahwa kejadian rumahnya tertimpa pohon tersebut ketika petir yang pertama menyambar. 

"Saya bersama anak saya sedang berada dalam rumah. Tiba-tiba pohon jatuh, dan menimpa atap rumah kami. Air hujan masuk dan membanjiri rumah. Beruntung kami dibantu tetangga dan warga setempat, langsung memindahkan barang-barang ke rumah tetangga, agar tidak rusak karena air hujan," jelas Hasna. 

Akibat itu, atap rumah beserta kerangka plafon hancur dan barang-barang elektronik kemungkinan besar rusak, karena terkena hujan yang turun. 

"Kerugian ditaksir mencapai Rp 10 juta. Setelah kejadian itu saya langsung menghubungi ketua RT dan RT bergegas menghubungi BPBD. Dan dengan sigap BPBD mengevakuasi pohon tumbang tersebut. Saya berharap, yang punya tanam tumbuh pohon tersebut agar punya etikad baik, datang ke rumah. Serta pohon yang besar di sekeliling rumah kami agar bisa ditebang, supaya  tidak menimpa rumah warga yang lain," tutupnya. 

Sementara itu, Kepala BPBD Kabupaten PALI Junaidi Anuar, SE MSi membenarkan adanya pohon tumbang yang menimpa rumah warga tersebut. 

"Setelah mendapat info dari warga, kami menerjunkan 15 orang petugas untuk membantu mengevakuasi pohon yang tumbang itu. Selesai evakuasi sekitar pukul 18.00 WIB. Diketahui, posisi pohon sudah mati dan tersambar petir," kata Junaidi. 

Dalam kesempatan ini, pihaknya menghimbau kepada warga dan pemerintah setempat baik RT, RW, Lurah maupun camat agar memperhatikan tanam tumbuh di wilayah perkotaan, apalagi di dekat pemukiman warga.

"Jika kondisi batang mengkhawatirkan dan cukup besar,agar segera ditebang. Supaya tidak menimbulkan kerugian pada warga yang lain," terangnya.

"Terkait bantuan kepada korban, sebagai bentuk kepedulian pemerintah. Korban akan mendapat bantuan dari Dinas Sosial," tutupnya. (sn)
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SINI NEWS YOUTUBE CHANNEL

Facebook SINI News

Pengikut

Subscribers

Postingan Populer

Arsip Blog

Comments

Berita Utama

sitemap

Recent Posts