Juarsah: Kita Siap Dukung Sumselbar, Tapi Muara Enim Jadi Ibukota

MUARA ENIM, SININEWS.COM
Rencana pembentukan Provinsi baru yakni Sumatera Selatan Barat (Sumselbar) okeh presidium siap didukung oleh Pemerintah Kabupaten Muara Enim, Namun Plt Bupati Juarsah decara probadi berharap Muara Enim bisa jadi ibukota.

“Untuk tujuan kemaslahtan, kesjahteraan dan kemajuan dan pelayanana kepada masyrakat Sumsel pada umumnya, kita siap mendukung apa yang jadi rencana presidium pemkaran provinsi baru, tapi kalo biso Muara Enim jadi Ibukotanyo,” ujar Juarsah saat audiensi dengan presidium provinsi Sumselbar, di ruang rapat Bupati, Senin (20/07/2020).

Namun, lanjut Juarsah, pada prisnsipnya, apa saja yang menjadi kebutuhan untuk menjadikan provinsi baru ini, pihaknya siap mendukung. “Masalah surat menyurat atau legal formal dan lain lain tinggal kita komunikasikan lebih intens,” tambahnya seraya menambahkan semuanya tetap menunggu hasil dari konsultan.

Smentara itu, Ketua Presidium Sumselbar H Djazuli Kuris mengatakan, keinginan ini sudah lama direncanakan, namun baru saat ini bisa dimulai dan dijalankan. “Ini berawal dari niat pendahulu kita Bapak Hasan Zein. Jadi ini menjadi tanggung jawab kami untuk melanjutkan,” ujarnya.

Jadi, tujuan kunjungan tim presidium adalah meminta dukungan Bupati dan Ketua DPRD Muara Enim agar keinginan kita bersama ini bisa terealisasi. “Selain ke Bupati dan Ketua DPRD, kita juga sudah membicarakan hal ini kepada mantan mantan gubernur seperi, Ramli Hasanbasri, Rosihan Arsyad, Syahrial Oesman dan Alex Noerdin,” terang Djazuli.

Saat ini, lanjut Djazuli, presidium sudah berkomunikasi dengan 7 Kabuoaten kota termasuk Muara Enim mengenai rencana presidium. “Dari delapan daerah, tinggal PALI yang nanti siang akan kita lakukan audiensi dengan Bupatinya terkait hal ini. Dari semua Kabupaten/Kota, semuanya setuju dan mendukung,” terangnya.

Dalam hal ini, presidium tidak memiliki tenggat waktu, mengingat kondisi saat ini masih dalam masa pendemik dan juga belum dicabutnya moratorium daerah otonom baru. “Jadi yang jelas kita meminta dukungan dan persetujuan dari daerah daerah, kemudian baru kita lanjutkan ke gubernur,” ujarnya.

Sebagai syarat Pemekaran Provinsi baru, harus ada minimal 6 Kabupaten/kota. Dalam presidium Sumselbar ini ada 8 Kabupaten/kita di Sumsel yang akan masuk dalam wilayah baru yakni, Pagar Alam, Lahat, Empat Lawang, Muara Enim, Linggau, Musi Rawas, Musi Rawas Utara dan PALI. 

Sementara itu, Plt Ketua DPRD kabupaten Muara Enim, Liono Basuki mengatakan, siap mendukung rencana pemekaran Provinsi baru. “Pada prinsipnya secara pribadi kuta mendukung. Namun banyak kajian dan proses yang harus dilewati. Tapi untuk kesejahteraan masyarakat kita siap mendukjng,” pungkasnya.

Sementara Sekertaris Daerah (Sekda) H Hasanuddin mengatakan, berkaitan legal formal mengenai surat menyurat, dan juga hal yang berkaitan sumber informasi mengenai potensi dan data lain pihaknya siap. “Saya siap mendukung berdasarkan perintah mengenai surat menyuratnya,” pungkasnya.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SINI NEWS YOUTUBE CHANNEL

Facebook SINI News

Pengikut

Subscribers

Postingan Populer

Arsip Blog

Comments

Berita Utama

sitemap

Recent Posts