Potensi Bisnis Media Siber di Sumsel Peringkat Pertama di Indonesia

PALEMBANG, - Pertumbuhan bisnis media siber di Provinsi Sumatera Selatan menduduki peringkat pertama di Indonesia. Hal itu diungkap Zakmi, direktur pemberitaan Siberindo.co. usai kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) di Hotel Swarna Dwipa Palembang, Sabtu (29/8).

"Sumsel kalau bulan lalu nomor satu. Dilihat dari partisipasi, produktivitas, penyebaran berita dan indikator lainnya. Datanya dari Google Analytic," ungkap Zakmi.

Menurut Zakmi, Siberindo.co sebagai produk unggulan Serikat Media Siber Indonesia (SMSI), pihaknya memiliki rencana melempar 20 persen saham ke Bursa Efek Indonesia (BEI). "Ada rencana 20 persen kami lempar ke bursa saham. Itu kami lakukan secara bertahap. Sudah ada kesepakatan antara dirut dan komisaris tapi tidak kami lakukan sekaligus," jelasnya.

Zakmi menambahkan, nilai saham ditentukan dengan melihat potensi. "Kami lihat perkembangannya. Ini sudah naik satu digit dari ketetapan sebelumnya. Kami memiliki rasa optimis karena ini milik bersama seluruh media anggota," terangnya.

Sekitar 40 persen dari nilai saham, lanjut Zakmi, akan dibagikan kepada perusahaan media anggota. Maksudnya, lanjut dia, 40 persen kami bagi menjadi empat periode. "Estimasi 10 persen tahun pertama kami bagikan kepada 250 perusahaan media terbaik di Indonesia," ujarnya.

Tahun kedua nanti, tambahnya, akan menggelembung yang daftar Siberindo.co. Dari 2.000 media, sekitar 250 media terbaik dan produktif akan dibagi saham. Persentasenya, jelas Zakmi, memang kecil, hanya 0,04 persen per perusahaan.

"Kami daftarkan ke notaris nilai saham Rp20 miliar. Kami breakdown menjadi Rp10 juta lembar saham. Artinya per lembar saham Rp2.000. Kalau valuasinya naik kami optimis. Kalau naik digitnya jadi triliunan maka media anggota bisa dapat deviden Rp800 jutaan," paparnya.

Sebelumnya, Hendri Ch Bangun, Direktur Utama Siberindo.co sekaligus Wakil Ketua Dewan Pers mengatakan, pihaknya menyambut baik kegiatan yang dilaksanakan SMSI Sumsel. "Kami menyambut baik. Acara ini diharapkan dapat memproduksi karya jurnalistik sesuai kompetensi. Mereka yang bergabung di SMSI makin lama semakin baik. Tidak ada somasi dan komplain dari pembaca," ungkap Hendri dalam sambutannya.

Di tempat yang sama, Ketua Umum SMSI, Firdaus mengatakan, Siberindo.co merupakan kebanggaan SMSI. Untuk itu, Firdaus mengajak media siber khususnya di Sumsel agar bisa bersinergi dengan pemerintah daerah baik provinsi maupun kabupaten/kota. "Pandai-pandai berdiskusi dengan baik. Saya titip SMSI dengan Gubernur," imbuhnya.

Ketua SMSI Sumsel, Jon Heri SSos mengatakan, acara ini dihadiri peserta yang merupakan  perwakilan kabupaten/kota di Sumsel. "Dengan tujuan agar media anggota SMSI Sumsel memahami Siberindo.co," ujarnya.

Sementara itu, Gubernur Sumatera Selatan, H Herman Deru mengimbau, sebagai pengelola informasi dan komunikasi yang disebarkan melalui dunia siber dapat berperan mengedukasi pembaca dengan cara meningkatkan profesionalitas wartawan maupun perusahaan yang menaunginya.

“Produk yang disajikan menjadi ilmu. Nah ini peran edukatif media tentu harus ditumbuhkembangkan terus. Saya mengajak untuk wartawan memerhatikan betul kosakata itu dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Good news dan tidak tendensius. Kemudian opini itu biar masyarakat yang membangunnya. Media hanya menyebarluaskan informasi,” ungkap Gubernur.

Gubernur mengakui profesi wartawan di Provinsi Sumsel telah menerapkan kode etik jurnalistik dengan baik. Menurutnya, ketika para wartawan telah memegang pedoman kode etik jurnalis, ia meyakini perusahaannya pasti akan tetap berkiprah dan terus mendapat kepercayaan dari masyarakat. “Kawan-kawan ini memang menjaga gubernurnya dan tetap juga menjunjung tinggi Kode Etik Jurnalistik. Ini sudah berjalan dengan baik. Cek dan ricek sudah dilakukan,” tambahnya.

“Media yang memiliki usia panjang adalah penyebar berita yang akurat. Biasanya berita yang disajikan itu berita benar. Saya harapkan media siber mendapat kepercayaan tinggi. Kalau kepercayaan tinggi insya Allah iklan juga banyak berdatangan. Kita semua berteman untuk Sumsel maju untuk semua,” pungkasnya.(rel)
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SINI NEWS YOUTUBE CHANNEL

Facebook SINI News

Pengikut

Subscribers

Postingan Populer

Arsip Blog

Comments

Berita Utama

sitemap

Recent Posts