Bawaslu PALI Ajak Partisipasi Masyarakat Awasi Pilkada

PALI.SININEWS.COM -- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) mengajak seluruh elemen masyarakat untuk berperan aktif dalam pengawasan jalannya setiap tahapan pemilihan Bupati dan wakil bupati PALI yang akan digelar pada 9 Desember 2020 mendatang.

Hal itu disampaikan Ketua Bawaslu PALI H Heru Muharam melalui Divisi Pengawasan Iwan Dedi saat mengisi materi sosialisasi pengawasan partisipatif di masa pandemi covid-19 yang digelar Panwascam Talang Ubi, Rabu (30/9) di RM Sejahtera Handayani Mulya yang dihadiri sejumlah elemen masyarakat.

"Pada prinsipnya semua warga negara memiliki hak yang sama turut serta mengawasi proses pemilihan dan semua warga negara wajib diberi akses untuk mengetahui aturan main dan proses setiap tahapan serta semua warga memiliki hak untuk melaporkan jika terjadi pelanggaran pemilihan," ungkap Iwan Dedi. 

Dijelaskan Iwan Dedi bahwa partisipasi masyarakat dalam pengawasan pemilihan tidak boleh keberpihakan, harus netral. 

"Partisipasi masyarakat dalam pengawasan juga tidak mengganggu proses jalannya Pilkada serta bertujuan meningkatkan partisipasi masyarakat secara luas dan mendorong terwujudnya suasana yang kondusif," terangnya. 

Sedangkan peran partisipasi masyarakat dipaparkan Iwan Dedi adalah melaporkan setiap adanya dugaan pelanggaran. Kemudian memberi informasi awal, seperti contoh mensosialisasikan perketat protokol kesehatan saat lakukan tahapan pemilihan. 

"Juga peran partisipasi masyarakat adalah mencegah pelanggaaran, pengawasan pemilihan serta mengawasi dan memantau," tukasnya. 

Adapun tujuan pengawasan ditambahkan Iwan Dedi untuk menegakan integritas penyelenggara, penyelenggaraan dan hasil pemilihan melalui pengawasan pemilihan beritegritas dan kredibilitas untuk mewujudkan pemilihan yang jujur dan adil. 

"Tujuan pengawasan adalah memastikan terselenggaranya pesta demokrasi secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, adil, dan berkualitas, mewujudkan pilkada yang demokratis; dan menegakkan integritas, kredibilitas penyelenggara, transparansi penyelenggaraan dan akuntabilitas hasil pilkada," tutupnya. (sn/perry) 

Share:

No comments:

Post a Comment



Youtube SiniNews

Facebook SINI News

Followers

Subscribers


Postingan Populer

Blog Archive

Comments

Berita Utama

sitemap

Recent Posts