Harga Getah Mingguan di PALI Naik


PALI. SININEWS.COM -- Senyum sumringah terlihat dari sebagian besar wajah petani karet di Bumi Serepat Serasan karena dalam dua pekan terakhir ini harga getah hasil sadapan petani kualitas mingguan alami kenaikan yang cukup signifikan. Yakni dari harga 6.000/kg pada minggu ini mencapai angka Rp 9.000/kg bahkan ada yang lebih. 

Hal itu terliha di pasar getah Desa Persiapan Jerambah Besi kecamatan Talang Ubi Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) yang digelar Selasa (27/10).

"Kami berharap harga ini akan bertahan lama dan terus meningkat. Harga Rp 9.000/kg masih belum sebanding dengan harga kebutuhan pokok, tetapi lumayanlah dibanding pada bulan lalu yang hanya dihargai Rp 6.000/kg," ungkap Sucipto, salah satu petani setempat. 

Diutarakan juga Somad, petani karet  lainnya yang menanggapi naiknya harga getah saat ini merupakan harapan baru bagi petani ditengah gempuran pandemi corona. 

"Situasi ekonomi masyarakat yang serba sulit saat ini sedikit terobati dan menggugah semangat petani. Tetapi masih ada kendala kami disaat harga getah mulai merangkak, yakni cuaca alam yang tidak menentu membuat produksi getah berkurang karena kerap turun hujan pada siang hari," katanya. 

Sementara itu, Edi Eka Puryadi, ketua komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten PALI selalu mengingatkan petani agar mampu memperbaiki kualitas getahnya agar harga getah stabil.

"Kalau kualitas baik, pembeli pun akan banyak datang ke PALI dan mereka (pembeli) akan bersaing harga untuk mendapatkan getah dari petani. Untuk itu pentingnya kualitas getah salah satu jadi penentu harga," sarannya. (sn/perry) 


Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SINI NEWS YOUTUBE CHANNEL

Facebook SINI News

Pengikut

Subscribers

Postingan Populer

Arsip Blog

Comments

Berita Utama

sitemap

Recent Posts