Bimtek Pemungutan dan Penghitungan Suara dengan Sirekap di gelar KPU PALI, Bawaslu: Rekap Manual yang Bisa Dipertanggungjawabkan


PALI. SININEWS.COM -- Hari pemungutan suara tinggal menghitung hari, tentunya penguatan dan pematangan pelaksanaan gelaran Pilkada di Bumi Serepat Serasan terus dilakukan penyelenggara dalam hal ini Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI). Salah satunya dengan melakukan Bimbingan teknis (Bimtek) pemungutan dan penghitungan  suara menggunakan aplikasi sistem informasi rekapitulasi (Sirekap) pada Pilkada PALI terhadap PPK dan PPS.

Pelaksanaan Bimtek tersebut dilaksanakan Senin (30/11) di halaman sekretariat KPU PALI dengan dibagi dua sesi untuk setiap kecamatan yang dihadiri Bawaslu PALI melalui divisi SDM Basrul SAP. 

"Ini sangat penting untuk menambah  pemahaman dan pembekalan kita dalam pelaksanaan pemungutan suara pada 9 Desember 2020 mendatang," ungkap Sunario SE, ketua KPU PALI. 

Pada Bimtek itu, Sunario juga menjelaskan bahwa nara sumber akan memaparkan bagaimana tugas dan fungsi PPS juga PPS. 

"Jangan sampai peserta tidak memahami apa isi Bimtek kali ini. Sebab ilmu ini harus diserap oleh penyelenggara supaya informasi yang didapat nanti benar-benar sesuai peraturan. Dan yang terpenting adalah meski kita ada pilihan, tetapi kita harus menunjukkan netralitas dan integritas," tukasnya.  

Sunario juga menekankan kepada seluruh anggota PPK dan PPS sejak Bimtek dilaksanakan sampai hari H dilarang bepergian ke laur kota. 

"Kita dituntut fokus menjalankan tugas kita sebagai penyelenggara agar pelaksanaan Pilkada berjalan sukses. Untuk itu, tetap ditempat kita masing-masing, jangan keluar kota kecuali ada hal penting. Sebab, dalam waktu dekat ini kami akan mendistribusikan logistik Pilkada yang tentunya harus diterima PPK dan PPS serta memastikan logistik sampai ke TPS sehari sebelum hari pemilihan," tandasnya. 

Untuk memastikan pelaksanaan pemungutan suara berjalan sehat, Sunario mengingatkan seluruh penyelenggara agar menjaga kesehatan tubuhnya. 

"Vitamin yang sudah diberikan diharapkan dikonsumsi, tetap gunakan masker pada setiap aktivitas, jaga kondisi badan agar tetap sehat dan imun kuat, agar pemilihan berjalan sukses aman dan sehat," harapnya. 

Sementara itu, Basrul SAP, Kordiv SDM Bawaslu PALI inginkan melalui bimbingan teknis pemungutan dan perhitungan suara, jajaran penyelenggara di tingkat PTPS terutama rekan-rekan  KPPS betul-betul memahami tugas, kewajiban dan kewenangan sesuai regulasi yang baru dengan sistem pelaksanaannya berbeda dengan pemilihan maupun Pemilu sebelumya.

"Dimana saat ini kita laksanakan di tengah pendemi Covid 19 sehingga mewajibkan kita menggunakan prokes pencegahan covid 19 di TPS, kemudian KPPS harus memahami teknologi informasi dimana sebagai penunjang laporan KPU menggunakan SiRekap, akan tetapi KPPS jangan terjebak dengan SiRekap ini karena mengingat aplikasi ini menggunakan jaringan internet tentu sangat memungkinkan ada kendala di daerah tertentu yang tidak ada signal. Artinya secara rekapitulasi manual yang dapat dipertanggungjawabkan. Terakhir bimtek teknis ini kita harapkan kesalahan dan kekurangan KPPS dalam bekerja tidak terjadi," jelas Basrul. (sn/perry) 

Share:

No comments:

Post a Comment



Youtube SiniNews

Facebook SINI News

Followers

Subscribers


Postingan Populer

Blog Archive

Comments

Berita Utama

sitemap

Recent Posts