Inovasi Kader Kripit Go-jek TB Paru Puskesmas Air Itam Tembus Top 10 KIPP Sektor Kesehatan


PALI. SININEWS.COM -- Pelayanan jemput bola untuk pengambilan sampel dahak dalam mencegah penularan penyakit TB paru yang merupakan inovasi dari Puskesmas Air Itam Kecamatan Penukal Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) dengan nama Kader 'Kripit Go-jek TB Paru' berhasil menembus Top 10 Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) sektor kesehatan tingkat provinsi Sumatera Selatan. 


Tentu capaian prestasi ini menambah harum nama Kabupaten yang baru berusia 7 tahun itu.

Dikatakan Plt Kepala Dinas Kesehatan kabupaten PALI, Mudakir didampingi kepala Puskesmas Air Itam, Marlina serta Indriani SKm seksi Kesga dan Gizi bahwa inovasi tersebut merupakan upaya menurunkan penularan penyakit TB paru di kabupaten PALI. 


"Inovasi ini kita namai Kader Kripit Go-jek TB Paru. Dimana kader kita lakukan jemput bola dalam pengambilan sampel dahak terhadap masyarakat langsung dan mengantarkan hasilnya setelah sampel diperiksa. Apabila positif TB paru, maka yang menangani pengobatan adalah pengelola program dalam hal ini puskesmas Air Itam," ungkap Mudakir, Selasa (17/11) usai ikuti paparan inovasi Kader Kripit Go-jek TB Paru untuk menuju Top 5 di ruang rapat Bupati PALI secara virtual. 

Berkat inovasi itu, Mudakir akui bahwa tingkat kunjungan penderita TB paru ke puskesmas Air Itam meningkat. 

"Selama ini masyarakat malu untuk memeriksakan dirinya ketika ada gejala TB paru. Namun berkat inovasi ini, kader lakukan jemput bola, ambil sampel dan yang positif mengidap penyakit itu datang ke puskesmas untuk lakukan pengobatan. Inovasi ini tujuannya bukan semata-mata menghilangkan penyakit TB paru, tetapi juga mengurangi atau menekan sumber penularannya. Sebab pada tahun 2019, di lingkungan kerja Puskesmas Air Itam saja ada35 kasus," terangnya. 

Dengan adanya inovasi itu, Mudakir menegaskan bahwa langkah itu merupakan upaya Pemkab PALI melalui Puskesmas Air Itam dalam peningkatan pelayanan sektor kesehatan kepada masyarakat. 

"Mudah-mudahan, disamping masyarakat puas terlayani, penilaian tim panel KIPP sektor kesehatan bisa meloloskan inovasi ini ke level Top 5 yang akan menjadi penyemangat kader serta tenaga kesehatan khususnya di lingkungan Puskesmas Air Itam," harapnya. (sn/perry)
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SINI NEWS YOUTUBE CHANNEL

Facebook SINI News

Pengikut

Subscribers

Postingan Populer

Arsip Blog

Comments

Berita Utama

sitemap

Recent Posts