Merawat Keutuhan Bangsa, Hj Sri Kustina Sosialisasikan 4 Konsensus Dasar Berbangsa dan Bernegara





Muara Enim. SININEWS.COM -- Anggota Komisi II DPR RI/MPR RI Daerah Pemilihan Sumatera Selatan 2, Ir Hj Sri Kustina menyampaikan sosialisasi 4 Konsensus dasar berbangsa dan bernegara, di hadapan masyarakat  Belimbing Kabupaten Muara Enim Provinsi Sumatera Selatan, Senin (8/2/2021) dengan menggandeng narasumber H Kurniawan Kantinoko AP M.Si kepala bidang politik dalam negeri Badan Kesbangpol Provinsi Sumsel

Meski kegiatan sosialisasi tersebut dilakukan secara tatap muka, namun tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat dengan membatasi jumlah peserta, menjaga jarak, mengecek suhu tubuh seluruh peserta sebelum kegiatan dimulai, wajib mencuci tangan dengan sabun ditempat yang telah disiapkan panitia serta wajib memakai masker. Karena saat ini suasana masih dalam kondisi pandemi covid-19. 


Dikemukakan Hj Sri Kustina bahwa latar belakang dilaksanakannya kegiatan itu berdasarkan UU Nomor 17 Tahun 2014 tentang MD3, mengamanatkan bahwa salah satu tugas MPR adalah memasyarakatkan Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Bhinneka Tunggal Ika.

"Ini sudah kewajiban kami selaku anggota MPR RI menyampaikan ke masyarakat dalam merawat keutuhan bangsa dengan mensosialisasikan 4 konsensus berbangsa dan bernegara, yaitu Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika," kata Ir. Hj Sri Kustina. 

Ir. Hj Sri Kustina mengajak masyarakat agar semua dampak euphoria reformasi yang dihadapi saat ini, harus disikapi melalui pemahaman yang benar, utuh dan menyeluruh dalam konteks semangat persatuan dan kesatuan bangsa. 


"Semangat tersebut merupakan kata kunci dari aktualisasi dan implementasi nilai-nilai luhur 4 Konsensus dasar yang harus terus ditumbuhkembangkan. Bangga sebagai warga negara Indonesia, cerdas. cerdik, bekerjasama dalam perbedaan untuk berkarya," imbuhnya. 

Dengan adanya sosialisasi tersebut, Ir. Hj Sri Kustina berharap seluruh komponen bangsa mampu menyikapi berbagai permasalahan, perbedaan dan kemajemukan dengan berpedoman pada empat konsensus nasional yang dibangun oleh para pendiri bangsa. 

Anggota MPR RI dari Fraksi NasDem Ir. Hj. Sri Kustina juga berharap "Generasi penerus harus mampu menumbuhkembangkan kembali sikap toleransi, dan budaya gotong royong, silaturahmi dan musyawarah untuk mufakat yang hakikinya merupakan ciri bangsa Indonesia sejak dulu. 
Hal paling fundamental adalah menghadirkan 4 konsensus dasar dalam setiap denyut nadi, tarikan nafas, gerak langkah serta perilaku kehidupan masyarakat," harapnya.  (sn/ril)
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SINI NEWS YOUTUBE CHANNEL

Facebook SINI News

Pengikut

Subscribers

Postingan Populer

Arsip Blog

Comments

Berita Utama

sitemap

Recent Posts