PENGGIAT TANI TEMPIRAI RAYA TUKAR PENGALAMAN CARA BERCOCOK TANAM YANG BAIK


PALI, SININEWS.Com --Dalam upaya meningkatkan kapasitas Pertanian dan Perkebunan diberbagai Komoditi, tentunya para pelaku tani ditengah pandemi Covid 19 harus siap berinovasi dan bersenergi membangun komunikasi lintas sektoral sehingga dapat tercipta pemahaman yang sama cara bertani yang baik. 

Untuk  membuktikan keseriusan para pelaku Tani se Tempirai Raya pada Jumat (19/02/2021) menggelar silahturahmi tukar pengalaman cara bercocok tanam yang baik. 

Acara yang digelar di lahan Perkebunan Sayuran milik Arujo Agus Ketua Gapoktan Tempirai selatan ini, dihadiri para Ketua Gapoktan dan Poktan se Tempirai Raya, termasuk didampingi 4 Petugas Penyuluh Pertanian (PPL) BP3 penukal Dinas Pertanian Kabupaten  PALI. 


Dalam arahannya Nurul Yakin, SP sebagai Penyuluh Pertanian, mengajak para Petani Tempirai Raya dapat menggarap lahan, menanam dan perawatan sesuai petunjuk tehnis Pertanian,  sehingga pada musim panen mendapat hasil yang maksimal.  "Juga tak kalah pentingnya kekompakan anggota  Kelompok Tani dengan selalu tukar pengalaman satu sama lainnya,  termasuk pengorganisasian manajemen dengan baik," katanya. 


Dalam kesempatan yang sama,  silaturrahmi  ini dihadiri sesepuh Ketua Gapoktan Tempirai dierah tahun 80 an hingga kini yaitu Bapak Cikyang (68). 


Dalam wejangannya beliau banyak memberikan pembekalan nasehat terhadap para Pengurus  Kelompok Tani agar dapat berperan aktif memperjuangkan prasarana kebutuhan para Petani,  "Sehingga semua Program Pemerintah dibidang Pertanian dan Perkebunan, seperti Rivitalisasi sawah atau perkebunan karet maupun Oplah dapat dikelola dengan baik," pesannya.


Lanjut Cikyang,  meskipun wajahnya sudah nampak menua termakan usia,  namun, beliau masih tetap semangat mendorong kemajuan pertanian Masyarakat Se Tempirai Raya( 5 Desa,Red). 


Sang Pejuang Tani ini,  berharap kedepan agar generasi muda Tani se Tempirai Raya,  terus dan terus dapat meningkatkan Kualitas Pertanian,  mengingat, Usia sudah senja, beliau sampai akhir tahun ini akan istirahat sebagai pengurus Gapoktan Tempirai.


"Pengurus yang baru dibentuk Pemerintah dapat meneruskan Program Program Pertanian yang sudah ada di Desa Tempirai dengan baik." imbuhnya. 


Selanjutnya, Kepala Desa Tempirai Muhamad Jonot saat disambangi awak media ini,  mengapresiasi atas semangat Para Kelompok Tani untuk memperjuangkan peningkatan Kapasitas Pertanian serta dapat sinergi berorganisasi para Pengurus Kelompok Tani baik yang lama maupun yang baru. 

"Sebagai wujud peran serta Pemerintah Desa Tempirai, tentunya  tetap berkomitmen mendorong dan memfasilitasi Kebutuhan organisasi Kelompok Tani," tandasnya.  


(Bungharto/sn)

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SINI NEWS YOUTUBE CHANNEL

Facebook SINI News

Pengikut

Subscribers

Postingan Populer

Arsip Blog

Comments

Berita Utama

sitemap

Recent Posts