TP.PKK PALI Gelar Lomba Hatinya PKK, Talang Bulang Wakili Talang Ubi


PALI. SININEWS.COM -- Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) pada awal Februari 2021 ini menggelar lomba PKK tingkat kabupaten, salah satu diantaranya adalah lomba pemanfaatan pekarangan HATINYA PKK (Halaman Asri Teratur Indah dan Nyaman)  tingkat Kabupaten PALI. 

Ada lima desa yang mewakili masing-masing kecamatan di Bumi Serepat Serasan yang masuk nominasi penilaian. Yaitu Desa Talang Bulang mewakili Kecamatan Talang Ubi. Desa Harapan Jaya mewakili Kecamatan Tanah Abang. Desa Muara Ikan mewakili kecamatan Penukal Utara. Desa Sungai Langan mewakili kecamatan Penukal dan Desa Betung Barat mewakili Kecamatan Abab. 

Dikatakan Uci Suprapti, ketua Pokja III TP. PKK Kabupaten PALI yang juga salah satu tim penilai mengemukakan bahwa kriteria yang dinilai pada lomba Hatinya PKK adalah bagaimana pemanfaatan setiap pekarangan rumah dengan menanami pekarangan diantaranya ada lumbung pangan,  warung hidup,  toga,  kolam ikan dan peternakan, sehingga kebutuhan gizi keluarga dapat dipenuhi dari pekarangan rumah.  Pada masa pandemi seperti sekarang peran ibu-ibu dalam pemanfaatan pekarangan sangat membantu dalam pemenuhan gizi keluarga juga dapat mengurangi pengeluaran belanja rumah tangga. 

"Sesuai nama lombanya, yaitu Halaman Asri Teratur Indah dan Nyaman. Tentu yang kami nilai selain administrasi pembukuannya adalah kebun kolektif PKK Desa serta pemanfaatan pekarangan rumah warga. Nantinya dari lima desa tersebut akan diambil satu desa pemenang yang akan mewakili Kabupaten PALI untuk mengikuti lomba Hatinya PKK tingkat provinsi," jelas Uci Suprapti, saat melakukan penilaian di Desa Talang Bulang, Jumat (19/2/21).

Sementara itu, Rita Hartini ketua TP.PKK Kecamatan Talang Ubi menyebutkan selain ada lomba Hatinya PKK, ada beberapa desa lainnya juga wakili Kecamatan Talang Ubi ikuti lomba-lomba lainnya yang digelar TP.PKK Kabupaten PALI. 

"Seperti Kelurahan Talang Ubi Utara ikuti Lomba UP2K. Desa Sungai Baung ikuti lomba  Pola Asuh Anak dengan penuh cinta kasih sayang. Desa Talang Akar ikuti lomba Administrasi. Mudah-mudahan dengan adanya lomba ini menjadi motivasi desa-desa lainnya untuk terus meningkatkan karyanya dalam membangun desanya masing-masing," kata istri Camat Talang Ubi itu. 


Ditempat sama, Hartini ketua PKK Desa Talang Bulang menyatakan bahwa warga desa Talang Bulang terutama ibu-ibu PKK merasa bangga menjadi desa yang dinilai ikuti lomba Hatinya PKK. 

"Ini menjadi suatu kebanggaan tersendiri bagi kami karena bisa wakili kecamatan Talang Ubi. Tentu saja, setelah kami mendapat pemberitahuan masuk nominasi lomba ini, langsung berbenah menata kembali lingkungan desa kami terutama lebih menggalakkan kembali program pemanfaatan pekarangan rumah. Lomba ini juga alhamdulillah mendapat dukungan penuh masyarakat dan kepala desa sehingga hampir seluruh pekarangan rumah warga yang ada di desa kami memiliki tanaman sayuran dan Toga," jelas Hartini. (sn/pery)
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SINI NEWS YOUTUBE CHANNEL

Facebook SINI News

Pengikut

Subscribers

Postingan Populer

Arsip Blog

Comments

Berita Utama

sitemap

Recent Posts