Tekan Angka Kematian Ibu dari Kanker Serviks, TP.PKK PALI Gelar Baksos Pemeriksaan Iva Test


PALI. SININEWS.COM -- Untuk menurunkan angka kematian ibu disebabkan kanker leher rahim atau kanker serviks, TP.PKK kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) menggelar bakti sosial pemeriksaan Iva test terhadap ratusan warga di Bumi Serepat Serasan yang dipusatkan di halaman Guest House, Jumat (9/7/21).

Kegiatan itu dihadiri langsung ketua TP.PKK kabupaten PALI Ir Hj Sri Kustina dan Pembina TP.PKK PALI Ir H Heri Amalindo MM serta pengurus TP.PKK dari tingkat desa sampai kabupaten juga peserta pemeriksaan Iva test. 

Pada kegiatan itu, protokol kesehatan diterapkan sangat ketat, selain wajib menggunakan masker dan mencuci tangan pakai sabun serta tempat duduk peserta diberi jarak juga seluruh peserta kegiatan wajib ikuti swab test. 


Ketua TP.PKK PALI Ir Hj Sri Kustina menjelaskan bahwa kegiatan bakti sosial pemeriksaan Iva test merupakan program kerja (Pokja) IV TP.PKK kabupaten PALI bekerja sama dengan Dinas Kesehatan kabupaten PALI bertujuan sebagai upaya TP.PKK dalam membantu pemerintah menurunkan angka kematian ibu karena kanker leher rahim.


"Pemeriksaan Iva test ini membantu angka kematian ibu dari penyakit kanker leher rahim, dimana kanker ini merupakan pembunuh nomor dua di dunia," ungkapnya. 

Deteksi dini kanker serviks lewat pemeriksaan IVA (Inspeksi Visual Asam Asetat) dijelaskan anggota DPR-RI dari fraksi partai Nasdem ini dianggap dapat membantu menyelamatkan banyak wanita karena relatif mudah dilakukan dan hasilnya cepat diperoleh.

"Dengan pemeriksaan Iva test penyakit ini bisa dideteksi sejak dini dan bisa cepat dilakukan penanganan. Dalam hal ini, TP.PKK PALI terus bekerja melakukan bakti sosial pemeriksaan Iva test terhadap warga PALI dan kali ini dilakukan disini, namun untuk selanjutnya bisa dilakukan di tingkat kecamatan juga tingkat desa," terangnya. 

Diakui Istri Bupati PALI ini bahwa atas kinerja dalam melakukan kegiatan bakti sosial pemeriksaan Iva test, TP.PKK PALI meraih juara I provinsi Sumatera Selatan dua kali berturut turut.


"Prestasi ini merupakan keseriusan TP.PKK PALI dalam membantu pemerintah menekan angka kematian ibu dari penyakit kanker leher rahim atau kanker serviks. Kita laksanakan kegiatan ini sampai ke desa dan hingga saat ini sudah banyak ibu-ibu yang telah diperiksa dan sudah banyak yang kita tangani," tukasnya. 

Ir Hj Sri Kustina mengajak seluruh pengurus TP.PKK dari Desa hingga kecamatan dan kabupaten untuk mengarahkan kaum hawa untuk ikut dalam kegiatan pemeriksaan Iva test. 

"Kegiatan ini gratis. Untuk itu, ajak masyarakat PALI terutama kaum wanita untuk memeriksakan dirinya melalui iva test agar PALI bebas dari penyakit mematikan ini," harapnya. 

Sebagai anggota DPR-RI, Ir Hj Sri Kustina juga mengingatkan masyarakat agar tetap patuhi protokol kesehatan karena wabah pandemi covid-19 saat ini masih terjadi bahkan penyebarannya akhir-akhir ini melonjak. 


"Jaga diri masing-masing, tetap patuhi protokol kesehatan. Pakai masker setiap beraktivitas di luar rumah, cuci tangan pakai sabun apabila sudah berinteraksi dengan warga lain, dan hindari kerumunan agar kita terhindar dari bahaya covid-19. Saya juga meminta kepada pemerintah melalui dinas terkait untuk bergerak dan terus mengingatkan dan mengajak masyarakat untuk patuhi protokol kesehatan," ajaknya.


Sementara itu, Bupati PALI H Heri Amalindo memberikan apresiasi kepada Ketua TP.PKK yang telah menyelenggarakan kegiatan pemeriksaan iva test terhadap ibu-ibu. 

"Tentu saja atas nama ketua pembina TP.PKK dan pemerintah kabupaten PALI kami mengucapkan terimakasih kepada Ketua TP.PKK PALI atas terselenggaranya kegiatan ini. Tentu kegiatan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat khususnya ibu-ibu dalam mewujudkan ibu sehat bebas dari penyakit kanker serviks," ucap Bupati PALI. 

Setelah melakukan bakti sosial, kegiatan dilanjutkan rapat konsultasi TP.PKK tingkat kabupaten tahun 2021 oleh TP.PKK kabupaten PALI yang diikuti pengurus TP.PKK dari desa dan kecamatan. (sn/perry)

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SINI NEWS YOUTUBE CHANNEL

Facebook SINI News

Pengikut

Subscribers


Postingan Populer

Arsip Blog

Comments

Berita Utama

sitemap

Recent Posts