Kawal Perhelatan Demokrasi Tingkat Desa Berjalan Aman, Kapolres Rohul Pimpin Rakor Persiapan Pilkades


ROKAN HULU, SININEWS.COM -Rapat Koordinasi (Rakor) persiapan pelaksanaan Pilkades Serentak Gelombang Ke III di 19 Desa Se Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Jumat (19/2021).


Rakor tersebut,  dipimpin  Kapolres Rohul AKBP Eko Wimpyanto Harjito, SIK, di dampingi Wakapolres Kompol Adi Prabowo, SH SIK MH dan Kabag Ops Polres Rohul, AKP Prihadi Tri Saputra, SH MH


Kemudian, diikuti, Kadis DPMPD, diwakili Kabid Pemdes, Asnawi, MSi, Kasat Pol PP diwakili Sekretaris, Denis H, SIP, Kasi Pemerintahan Desa, DPMPD  Mukhlis, S Sos.


Kasat Binmas, AKP Hermawan, Kasat Samapta, AKP Kamsir, SH,  Kasat Narkoba, AKP Masjang,  para Kapolsek jajaran Polres Rohul dan masing - masing Dua perwakilan Panitia Pilkades dari 19 Desa. 


Dalam kesempatan itu, Kapolres Rohul AKBP Eko Wimpiyanto Hardjito SIK menyampaikan, gabungan pengamanan dari unsur TNI Polri serta Satpol PP Rohul  akan melakukan koordinasi dengan Panitia Pilkades  tersebut. 


"Kita juga akan melakukan pelaksanaan kegiatan deklarasi damai, dan segera untuk menyusun agenda yang akan dipersiapkan," tuturnya lagi.


Kapolres meminta, agar unsur terkait yang terlibat dalam Pilkades tersebut untuk membuat grup Panitia Desa.

"Supaya terciptanya komunikasi antar pihak dengan baik," lanjutnya.


"Tak kalah pentingnya, dukungan  untuk pengamanan, tentu akan ada kebijakan, strategis, baik itu program, anggaran dan lainnya," kata Kapolres.


"Sehingga, kita harapkan, bisa mendapatkan hasil pesta demokrasi di tingkat pemerintah desa dengan baik," tuturnya.


Sementara, di tempat yang sama, Kadis DPMPD Rohul, diwakili  Kabid Pemdes, Asnawi, menjelaskan, jumlah Bakal Calon Kepala Desa (Cakades)  pada Pilkades serentak Gelombang III Tahun 2021.


 "Sesuai dengan data yang dterima adalah jumlah yang mendaftar sebanyak 67 orang," ujarnya.


"Setelah dilakukan seleksi dan pemeriksaan berkas, dinyatakan lulus sebanyak 65 orang dan gugur 2 orang," terangnya sedangkan, kata Anawi, Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 42.009 orang 


"Setelah dilakukan pemutakhiran data, diperoleh hasil srbanyak 43.092 orang," ujaranya lagi.


"Pemilih dengan rincian jumlah pemilih laki-laki sebanyak 21.202 orang dan pemilih Perempuan sebanyak 20.891 orang, dengan Jumlah TPS sebanyak 147 TPS," tambahnya.


Masih kata Asnawi, untuk pembentukan KPPS di masing - masing Desa, telah dilaksanakan di 19 Desa dan untuk DPTb adanya penambahan.


" Kemudian Cakades agar menyusun biaya kampanye berikut Tim Sukses (Timses)," paparnya lagi.


Asnawi menjelaskan,  untuk mencetak Surat Suara dilakukan  Panitia Desa itu sendiri. 

"Selanjutnya untuk seluruh para Calon akan melaksanakan Deklarasi Damai, yang akan dilaksanakan pada 23 November 2021 di Pendopo Rumah Dinas Bupati, Komplek Bina Praja Kabupaten Rohul," pungkasnya


Masih dalam rakor itu, Waka Polres Rohul,  Kompol  Adi Prabowo, SH SIK MH, dirinya  mengharapkan untuk pelaksanaan Pilkades serentak Gelombang III Tahun 2021 Kabupaten Rohul, antinya dapat berjalan dengan aman, tertib dan sukses. 


"Kepada Panitia Desa, agar betul-betul menjalankan tugasnya, karena sudah dipercayakan masyarakat," lanjutnya


"Oleh sebab itu agar Panitia tersebut tidak menodai hati Masyarakat tersebut," tuturnya.Kompol  Adi Prabowo, SH SIK MH,  menyampaikan kepada Kapolsek jajaran yang Desanya ikut dalam pelaksanaan Pilkadesm


"Agar membuat alamat titik TPS yang rinci dan lengkap, agar memudahkan personel Polres Rohul dalam pengamanan," paparnya.


Selanjutnya, Bag Ops Polres Rohul, untuk membuatkan Rencana Pengamanan (Renpam). "Sesuai.

dengan situasi yang nyata di lapangan," lanjutnya lagi.

Masih dalam konteks rakor tersebut,  penyampaian Kasat Intelkam Polres Rohul, AKP Edi Sutomo, SH MH, pada  kegiatan Pilkades  serentak, Polres Rohul akan membuat renpam. 


"Selanjutnya agar diatensi untuk Desa Muara Jaya dan Desa Batang Kumu, karena sesuai dengan maping Intelijen adanya sejarah konflik yang pernah terjadi," ungkapnya.


Lanjutnya,saat tahapan pendistribusian Logistik, prediksi ancaman akan terjadi, apabila adanya keterlambatan logistik tersebut. 

"Terkait pada tahapan Kampanye, untuk giat Kampanye sesuai dengan Protokol Kesehatan (Prokes)," tegasnya


Terpantau, kegiatan selanjutnya, dilaksanakan dengan sesi tanya jawab.

Di tempat, berbeda Paur Humas AIPDA Mardiono P SH, kegiatan rakor persiapan pelaksanaan Pilkades tersebut, berakhir sekitar pukul 15.45 Wib


"Selama kegiatan berlangsung situasi terdapat dalam keadaan aman, tertib dan lancar," pungkasnya mengakhiri.

(Humas Polres Rohul)

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SINI NEWS YOUTUBE CHANNEL

Facebook SINI News

Pengikut

Subscribers


Postingan Populer

Arsip Blog

Comments

Berita Utama

sitemap

Recent Posts