Catat Syaratnya, Operasi Bibir Sumbing Digelar RSUD PALI Gratis


PALI. SININEWS.COM -- Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), akan melaksanakan oprasi bibir sumbing dan celah langit untuk anak-anak, agar celah bibir dapat diperbaiki serta fungsi otot pada bagian wajah ini bisa bekerja dengan seharusnya dan penampilan wajah juga menjadi normal.


Bibir sumbing adalah malformasi wajah dan mulut yang terjadi pada periode awal kehamilan, ketika janin masih dalam tahap perkembangan awal pada rahim. Kecacatan ini terjadi karena tidak adanya cukup jaringan di daerah mulut atau bibir, dan jaringan yang ada tidak bisa bergabung dengan sempurna.


Untuk itu, Pemerintah Kabupaten, melalui RSUD PALI, akan melakukan pendataan dan dilanjutkan dengan oprasi gratis bagi anak yang mengalami bibir sumbing dan celah langit.


Dijelaskan direktur RSUD PALI, dr Hj Tri Fitrianti MKM, saat ini pihaknya tengah mengajak orang tua atau pasien memiliki gejala tersebut, agar dapat mendaftarkan diri untuk dilakukan oprasi gratis yang disediakan pemerintah.


"Kalau pasien tidak dibatasi, untuk yang memang mengalmi bibir sumbing, tkeknisnya kita (RSUD, red) menjaring pasien dahulu. Karena, tenaga kesehatannya atau dokter bedah plastik kita datangkan dari kota Palembang, tetapi ketika pasien sudah tercukupi baru kita lakukan tindakan operasi," jelas direktur RSUD PALI, Kamis (26/5/2022).


Untuk persyaratannya, lanjut wanita yang kerap disapa dr Fitri ini, yakni untuk pasien bibir sumbing tidak mengalami sakit (batuk, demam, pilek dll), dengan berat badan minimal 5 kilogram, serta umur minimal 3 bulan.


"Untuk pasien celah langit-langit, tidak dalam keadaan sakit, batuk, demam pilek dan lain-lain, berat minimal 10 kilogram, dan umur minimal 10 bulan. Itu syarat yang harus dipenuhi untuk kedua oprasi ini," kata ibu tiga anak ini.


Bagi keluarga atau pasien yabg ingin mendaftarkan diri, lanjut dr Fitri, dapat menghubungi humas RSUD PALI, baik melalui media sosial RSUD PALI, seperti email (palirsud@gmail.com), Facebook (Rsud Talang Ubi), Instagram (@rsud_talang_ubi).


"Atau bisa langsung menghubungi pegawai kita Endang dinomor 0821-8574-9550, Eka dinomor 0821-7719-9289, Yudi dinomor 0823-7897-8899. Dan bisa mencari informasi lebih lanjut," pungkasnya. (sn/perry)

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


SINI NEWS YOUTUBE CHANNEL

Facebook SINI News

Pengikut

Subscribers

Postingan Populer

Arsip Blog

Comments

Berita Utama

sitemap

Recent Posts