Gotong Royong, Warga Talang Jawa Sapu Bersih Sampah Penyebab Banjir


PALI. SININEWS.COM -- Pasca alami banjir beberapa hari lalu akibat guyuran hujan yang cukup deras ditambah lagi adanya pendangkalan drainase yang merendam beberapa rumah di Talang Jawa RT 06/RW 10 kelurahan Talang Ubi Barat kecamatan Talang Ubi kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) membuat puluhan warga setempat dibantu Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kabupaten PALI yang menerjunkan dua unit mobil tangki air, lakukan gotong royong membersihkan parit yang alami pendangkalan serta membersihkan sampah yang menyumbat aliran air. 


Kegiatan gotong royong yang dilakukan puluhan warga pada Sabtu pagi (4/6/22) selain dibantu BPBD PALI juga dihadiri Camat Talang Ubi, Hj Emilya S.Sos MSI dan Lurah Talang Ubi Barat, Muharis Nuh S. STP

Dikatakan Hotma, salah satu warga setempat bahwa kegiatan gotong royong itu muncul akibat warga gelisah lantaran setiap turun hujan wilayah tersebut kerap terjadi banjir disebabkan banyaknya sampah juga drainase alami pendangkalan. 

"Kami khawatir imbas dari banjir yang kerap terjadi akan menimbulkan longsor. Untuk itu, kami mengajak masyarakat lain untuk turun tangan langsung secara bergotong royong membersihkan aliran air yang tersumbat dan dangkal. Karena selama ini apabila banjir, warga selalu menyalahkan pemerintah dan hanya mengandalkan bantuan pemerintah. Dan pemerintah perlu di support bukan dihujat," ujar Hotma.

Ditambahkan Hotma, inisiasi untuk bergotong royong disampaikan ke Lurah Talang Ubi Barat dan mendapat respon positif sehingga kegiatan tersebut terlaksana. 


"Kami apresiasi terhadap pemerintah kabupaten PALI melalui Lurah, Camat dan BPBD yang juga turun bersama masyarakat membersihkan drainase. Kami berharap, dengan timbulnya kesadaran ini wilayah kami bisa terbebas dari banjir dan bencana lainnya, serta budaya gotong royong ini akan kami pelihara sehingga tercipta kekompakan antar warga di wilayah kami," harapnya. 

Terpisah, Junaidi Anuar kepala BPBD kabupaten PALI menyatakan bahwa kegiatan gotong royong di Talang Jawa  hasil koordinasi dengan Lurah setempat dan Camat Talang Ubi. 

"Bencana adalah tanggung jawab bersama, jadi ketika ada inisiatif dari masyarakat untuk bergotong royong dalam menanggulangi penyebab banjir, kita langsung terjun ke lapangan. Pada kegiatan ini, BPBD turunkan dua unit mobil tangki yang gunanya menyemprot drainase yang alami pendangkalan," terangnya. 

Sementara itu, Emilya Camat Talang Ubi memberikan apresiasi terhadap kekompakan warga Talang Jawa Kelurahan Talang Ubi Barat dalam upaya mengatasi masalah banjir. 

"Dengan terlaksananya kegiatan ini, tentu saja kami sangat apresiasi, karena muncul dari inisiasi masyarakat itu sendiri. Sebab kalau bukan kita yang memelihara lingkungan siapa lagi. Kalau kekompakan ini tercipta dan terpelihara di seluruh desa atau kelurahan di kecamatan Talang Ubi, selain lingkungan bersih juga akan meminimalisir adanya banjir saat hujan deras turun. Sekali lagi kami sangat apresiasi, Talang Ubi Beres PALI The Best," puji Camat yang aktif turun ke tengah-tengah masyarakat itu. (sn/perry))

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


SINI NEWS YOUTUBE CHANNEL

Facebook SINI News

Pengikut

Subscribers

Postingan Populer

Arsip Blog

Comments

Berita Utama

sitemap

Recent Posts