4 Ekor Sapi Warga Tempirai Diduga Terinfeksi PMK



caption foto. Sapi milik warga yang diduga terinfeksi PMK 


PALI. SININEWS.COM -- Sejak merebaknya virus Penyakit Mulut dan Kaki ( PMK) pada binatang sapi beberapa bulan terakhir ini, Pemerintah Pusat dan Daerah terus berupayah melakukan pecegahan dan pengobatan bekerja sama melalui Dinas Peternakan dan instansi terkait terkhusus dokter spesialis  kesehatan hewan.


Dalam perkembangannya, virus ini merambah ke Desa Tempirai Kecamatan Penukal utara Kabupaten Penukal.Abab Lematang Ilir ( PALI).


Disini 4 ekor Sapi milik 3 orang warga Tempirai Feri, Usman gumanti dan Nopirzan terjangkit virus PMK dimana penyakit ini membuat binatang sapi mengalami luka pada bibir dan kaki, sementara mulutnya mengeluakan busa seperti manusia mengalami penyakit sariawan.

Ungkap Nofirzan pemilik Sapi pada awak.Media ini ( 23/7/2022)


Sementara Dokter hewan (Drh) Erna dari Dinas Peternakan Kabupaten PALI  didampingi Kepala Desa Tempirai diwakili Penting Harianto Kaur Kesra dan  Brigpol Rico  Babhinkamtibmas Polsek Penukal utara,


Membenarkan kejadian ini dan telah melakukan upayah pembersihan luka dan penyuntikan vaksin anti PMK, sehingga diharapkan penyakit ini dapat terobati serta  virus ini tidak menyebar ke binatang sapi lain.


Dalam himbauannya kepada pemilik Binatang sapi, agar mengawasi sapinya secara berkala dan menjaga kebersihan pada tubuh sapi dan lingkungan kandangnya.


Juga takalah pentingnya memberikan asupan gizi dan protein yang cukup  pada makanan sapi sehingga akan dapat menangkal kekebalan tubuh terhadap virus PMK.


(SN/Bungharto)

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


SINI NEWS YOUTUBE CHANNEL

Facebook SINI News

Pengikut

Subscribers

Postingan Populer

Arsip Blog

Comments

Berita Utama

sitemap

Recent Posts