Dorong Pelaku Usaha, BSB Gelar Webinar Klinik UMKM


Caption foto. Pelaku UMKM binaan BSB Pendopo ikuti webinar disampingi Kacab BSB Pendopo, Darmiansyah SH


PALI. SININEWS.COM -- Webinar Klinik UMKM Bank Sumsel Babel mengusung tema Literisasi finansial 'UMKM perempuan penyongsong ekonomi keluarga' digelar Bank kebanggaan masyarakat provinsi Sumatera Selatan dan Bangka Belitung, Selasa (2/8/22) secara virtual via Zoom. 


Kegiatan tersebut merupakan upaya Bank Sumsel Babel dalam mendukung Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Sumsel dan Babel agar bangkit pasca pandemi covid-19. 


Webinar tersebut diikuti ratusan pelaku UMKM yang menjadi binaan Bank Sumsel Babel di seluruh cabang yang ada di Sumsel dan Babel, termasuk binaan Cabang Pendopo PALI yang langsung didampingi kepala Cabang Bank Sumsel Babel Pendopo PALI, Darmiansyah SH. 


Pembukaan kegiatan dilakukan langsung Direktur Utama Bank Sumsel Babel, Achmad Syamsudin dengan mengundang narasumber ketua TP.PKK kabupaten OKU Timur dr. Sheila Noberta, Sp.A., M.Kes dan Kepala Dinas Koperasi UKM kabupaten OKU Timur Hasbullah SH. 


Menyampaikan sambutannya, Dirut Bank Sumsel Babel menyebut bahwa perempuan diharapkan menjadi penggerak ekonomi keluarga dan bisa tumbuh menjadi pendorong ekonomi pasca pandemi.



Dalam menggerakkan perempuan penyongsong ekonomi keluarga, Bank Sumsel Babel hadir membantu permasalahan permodalan UMKM yang digeluti perempuan. 


"Bank Sumsel Babel memiliki program Kredit Usaha Rakyat (KUR), tahun ini KUR pada Bank Sumsel Babel sebesar Rp1,5 T dan telah  tercapai Rp1 T lebih. Artinya masih ada sisa Rp500 M untuk disalurkan membantu UMKM dalam mengembangkan usahanya," kata Achmad Syamsudin. 


Pada program KUR di Bank Sumsel Babel, Achmad Syamsudin memiliki bunga ringan hanya 6 persen bahkan ada yang dibawah itu karena disupport pemerintah daerah seperti di Pagar Alam. 


"Bank Sumsel Babel akan mendukung permodalan juga akan melakukan pembinaan, contoh saat ini dengan menggelar webinar, kemudian menggelar bazar serta bekerja sama dengan TP.PKK di seluruh daerah di Sumsel dan Babel untuk kemajuan UMKM demi Sumsel maju untuk semua," harap Dirut Bank Sumsel Babel. 


Sementara itu,  Ketua TP.PKK OKU Timur dr. Sheila Noberta saat menyampaikan materinya menjabarkan bahwa pelaku usaha harus tahu produk yang bisa laku dipasaran dan siap memasok produknya. 



Lalu harus bisa memanfaatkan teknologi informasi dalam mempromosikan hasil produk secara mudah dan murah. 


"Kemudian meningkatkan SDM karena kunci keberhasilan usaha adalah percaya diri, ulet, kemauan yang keras, siap akan risiko, terbuka untuk informasi, kreatif dan inovatif juga bisa mengembangkan jaringan," terang ketua TP.PKK OKU Timur. 


Ditambahkan dr. Sheila Noberta bahwa dukungan yang diperlukan UMKM perempuan dalam mengembangkan usahanya adalah akses untuk mendapatkan pelatihan kewirausahaan, pengelolaan bisnis pengelolaan keuangan yang baik.


"Lalu akses modal juga akses ke perbankan /intitusi formal lainnya juga spot skill /physichologi mind/confident level," jabar dr Sheila Noberta. 


Kegiatan webinar itu juga diisi narasumber dari Kepala Dinas Koperasi dan UKM OKU Timur, Hasbullah SH.


Narasumber lain adalah Linda Hairani, Pemimpin Divisi Bisnis Ritel, Konsumer dan UMKM Bank Sumsel Babel. Kemudian Elysa Thamrin, CEO Thamrin Brothers, Dean Yunivitri, Owner ilok  Ecoprint- Debitur KUR Bank Sumsel Babel dan Intan Ratna Putri, Owner Pusat Oleh-Oleh Baturaja Ayakh Ugan- Nasabah Bank Sumsel Babel Syariah. (sn/perry)

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


SINI NEWS YOUTUBE CHANNEL

Facebook SINI News

Pengikut

Subscribers

Postingan Populer

Arsip Blog

Comments

Berita Utama

sitemap

Recent Posts