Puskesmas Tanah Abang Kukuhkan Pengurus Saka Bhakti Husada


PALI. SININEWS.COM-- Puskesmas Tanah Abang kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) melakukan kegiatan pengukuhan pengurus Saka Bakti Husada Ranting Tanah Abang.


Kegiatan tersebut digelar pada Rabu 25 Januari 2023 yang bertepatan dengan peringatan Hari Gizi Nasional. 


Dikatakan kepala Puskesmas Tanah Abang, dr. Almustazirin bahwa dikukuhkannya pengurus Saka Bhakti Husada karena gerakan Pramuka memiliki peran besar dalam menginisiasi prilaku hidup sehat.


"Mengupayakan pembangunan kesehatan memerlukan keterpaduan baik Lintas program maupun lintas sektor," ujar dr Muhtazirin. 


Pada momen  peringatan hari Gizi Nasional yang diperingati setiap tanggal 25 Januari, Saka Bakti Husada Puskesmas Tanah Abang, diharapkan dr Muhtazirin dapat membangkitkan kesadaran dan kepedulian masyarakat terhadap pentingnya penerepan gizi seimbang guna meningkatkan kualitas kesehatan yang lebih baik.


"Seiring meningkatnya kesadaran masyarakat diharapkan lebih proaktif untuk memelihara dan meningkatkan kesehatan, mecegah risiko terjadinya penyakit, melindungi diri dari ancaman penyakit dan masalah kesehatan, serta berpartisipasi aktif dalam gerakan masyarakat sehat dan aman (safe community)," harapnya.


Kepala Puskesmas Tanah Abang juga berpesan kepada pengurus Saka Bhakti Husada Puskesmas Tanah Abang agar melaksanakan krida bidang kesehatan. 


"Sebagaimana Krida bidang kesehatan yang perlu meningkatkan jangkauan layanan, seperti upaya Kesehatan Masyarakat (UKM), Prilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), pentingnya imunisasi, serta pencegahan penyakit tidak menular," imbuhnya.


Adapun yang akan menjadi aksi, dr Muhtazirin menyatakan pihaknya kedepan akan melakukan kunjungan ke setiap sekolah-sekolah yang berada di wilayah kecamatan Tanah Abang, untuk memberikan pengetahuan kesehatan.


"Dalam pelaksanaan pelantikan tadi terdapat krida krida, salah satunya yaitu krida gizi, kebetulan hari ini adalah HUT Gizi Nasional, terdapat krida yang merupakan petugas ahli gizi, nantinya mereka datang ke Sekolah-sekolah untuk mengajari adik atau kakak Pramuka apa pentingnya gizi itu, kerena ini menjadi target Nasional dan terkhusus di Kabupaten PALI mempunyai target diangka 11%," terangnya.


Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten PALI dr. Zamir yang turut hadir dalam kegiatan ini, menjelaskan pihaknya sejak pertengahan tahun 2022 sampai saat ini terus berupaya untuk mengejar Program Nasional terkait Stunting yang diketuai oleh Wakil Bupati , bersama OPD terkait dan Lintas Sektoral lainnya.


"Untuk progres dikegiatan ini sudah cukup baik, angka Stunting terus mengalami penurunan. Untuk target saat ini hingga tahun 2024 mendatang khusus di Kabupaten PALI harus mencapai diangka 11,96 %, sementara target angka stunting Nasional hingga tahun 2024 mendatang diangka 14%," tandasnya.


Diakui dr Zamir bahwa sejak pertengahan 2022 lalu pihaknya terus berupaya untuk mengejar program Nasional penurunan Stunting.


"Kami juga sering turun kelapangan memantau kegiatan Stunting. Dalam kegiatan ini Alhamdulillah progresnya cukup baik, angka stunting terus mengalami penurunan, terakhir kita dipertengahan tahun 2022 ada sebanyak 14 anak yang mengalami Stunting, dan pada Januari 2023 ini mengalami perbaikan 3 orang, dan saat ini ada sebanyak 11 orang yang masi mengalami Stunting. Harapan saya kedepan dengan pelantikan Saka Bakti Husada Pangkalan Tanah Abang, dapat menjadi amunisi baru untuk para Jajaran kesehatan dalam membantu program penanganan Stunting khususnya di Kecamatan ini sendiri." Jabarnya.(sn/perry)

Share:

No comments:

Post a Comment


Youtube SiniNews

Facebook SINI News

Followers

Subscribers


Postingan Populer

Blog Archive

Comments

Berita Utama

sitemap

Recent Posts