Sejumah Bahan Pokok di PALI Terus Merangkak Naik

pedagang cabai di salah satu pasar kalangan di wilayah kecamatan Talang Ubi 


PALI. SININEWS.COM-- Meski hari Natal dan pergantian tahun telah berlalu, tetapi harga sejumlah bahan pokok di wilayah Bumi Serepat Serasan masih saja mengalami kenaikan, seperti beras, bawang merah dan cabai.


Tentu hal ini membuat masyarakat mengeluh lantaran saat ini harga sejumlah bahan pokok dirasa mencekik dan jauh tidak sebanding dengan penghasilan masyarakat yang ada di kabupaten PALI yang sebagian besar berprofesi sebagai petani karet. 

Seperti harga cabai merah keriting di sejumlah pasar kalangan yang ada di wilayah Kabupaten PALI, terpantau dikisaran Rp60 ribu per kilogram, bawang merah dikisaran Rp35 ribu per kilogram, beras medium dikisaran Rp12 ribu per kilogram. 

Sedangkan harga getah karet pada minggu ini cenderung menurun harganya dikisaran Rp7 ribu per kilogram. 

"Bahan pokok sekarang serba mahal, sementara penghasilan menurun akibat harga getah karet murah ditambah lagi cuaca yang kerap turun hujan disiang hari," ujar Mudi, salah satu petani karet asal desa Karta Dewa, Rabu 1 Februari 2023.

Sama halnya diungkapkan Renol, pedagang gorengan di kecamatan Penukal yang mengaku kembang kempis akibat bahan baku dagangannya merangkak naik.

"Dari tepung sampai bumbunya naik, tentu saja ini berpengaruh pada keuntungan kami. Sebab harga jual tetap, sementara modal terus bertambah akibat kenaikan bahan baku," keluhnya.

Terpisah, Plt Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian kabupaten PALI Aan Jultravolta menyatakan pihaknya segera melakukan inspeksi mendadak (sidak).

"Menyikapi kemungkinan inflasi, Disperindag memang sedang menjadwalkan sidak dan operasi pasar dalam waktu dekat untuk menekan harga-harga bahan pokok di wilayah Kabupaten PALI," ungkapnya. (sn/perry)
Share:

No comments:

Post a Comment


Youtube SiniNews

Facebook SINI News

Followers

Subscribers


Postingan Populer

Blog Archive

Comments

Berita Utama

sitemap

Recent Posts