Tes Calistung Tak Diwajibkan Daftar Masuk SD



Foto:: Kamriadi ,Kadisdik PALI

 

PALI-- Memasuki ajaran baru, Dinas Pendidikan Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) menghimbau kepada seluruh Sekolah Dasar agar tidak mewajibkan calon siswanya untuk melampirkan ijazah TK atau PAUD serta melakukan tes baca tulis dan hitung (Calistung) saat mendaftar.

Sebab, ijazah TK maupun PAUD bahkan tes Calistung bukanlah syarat utama untuk masuk SD, karena syarat utama masuk SD adalah usia, dimana usia minimal masuk SD adalah 5,6 tahun.

"Kami himbau seluruh calon siswa SD yang mendaftar disuatu sekolah harus diterima semua, apabila umurnya sudah memenuhi syarat," ucap Kamriadi, Kepala Disdik PALI.

Tidak mewajibkan ijazah TK atau PAUD untuk masuk SD bukanlah mengesampingkan sekolah tingkat usia dini tersebut, tetapi dijelaskan Kamriadi bahwa masih adanya desa-desa pelosok yang belum memiliki TK atau PAUD.

"Bagi yang telah ada ijazah TK atau PAUD itu lebih bagus, dan kami sarankan juga kepada orang tua untuk mendidik anaknya masuk PAUD terlebih dahulu ketika usia anak menginjak 4-5 tahun apabila dilingkungannya sudah berdiri sekolah usia dini itu. Tetapi bagi yang jaraknya jauh atau belum ada TK, silahkan daftarkan langsung ke SD terdekat kalau anaknya telah berusia 5,6 tahun," jelasnya.

Karena dikatakan Kamriadi bahwa tahun 2018 ini, pihaknya menginginkan semua anak yang telah berusia 5,6-7 tahun bersekolah semua. Dan diakui Kamriadi  bahwa kepala daerah PALI yakni Bupati sangat peduli dengan dunia pendidikan di Kabupaten PALI. Sebab, selain mendorong pembangunan sarana dan prasarana pendidikan, Pemkab juga berupaya meningkatkan kesejahteraan tenaga pengajar non PNS dengan memberikan tunjangan transport serta pemberian THR.

"Jadi kita tidak ingin dengar ada anak tidak sekolah, serta tenaga pengajar juga diperhatikan oleh pemerintah," tukasnya.(red/mrsd)
Share:

No comments:

Post a Comment

Youtube SiniNews

Facebook SINI News

Followers

Subscribers

Postingan Populer

Blog Archive

Comments

Berita Utama

sitemap

Recent Posts