Masyarakat Peduli Api Dibentuk, PT MHP Sebut Sebagai Upaya Antisipasi Karhutla

PALI--Menjaga ekosistem khususnya keberadaan dan keberlangsungan hutan sudah menjadi tanggung jawab semua elemen. Melihat kondisi alam saat ini diperlukan perhatian khusus untuk mengantisipasi kejadian kebakaran hutan dan lahan, hal ini membuat PT. Musi Hutan Persada (MHP) mempercepat langkah dalam mengantisipasi kejadian kebakaran hutan dan lahan.

Menurut  GM Fire Protection Ir. Agung Setyabudi didampingi Alioeng Bararata Sakti.SH selaku Fire External & Communication Head, salah satu upaya PT MHP dengan melakukan pendekatan kepada masyarakat dan melibatkan masyakarat dengan membentuk kelompok Masyarakat Peduli Api (MPA). Karena keterlibatan masyarakat sangatlah penting sebagai garda terdepan dalam mengatasi bencana kebakaran hutan khususnya di dalam wilayah desa mereka.

Diketahui saat ini masyarakat masih menggunakan pola membakar untuk membuat kebun. Dengan di bentuknya kelompok Masyarakat Peduli Api ini diharapkan para warga yang tergabung dalam kelompok MPA tersebut bisa menyampaikan kepada para warga yang lain agar tidak membuka kebun dengan cara membakar.

Karena,pola membakar lahan atau hutan selain dapat mengakibatkan gangguan kesehatan yang disebabkan oleh asap pembakaran hutan juga secara tegas sudah dilarang oleh pemerintah seperti yang tercantum dalam maklumat bersama yang ditanda tangani oleh Gubernur, Kapolda dan Pangdam II Sriwijaya tentang Larangan Pembakaran Hutan,Lahan atau Ilalang/Semak Belukar dan bagi siapa saja yang melakukan pembakaran akan di sanksi hukum sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Adapun dasar pembentukan kelompok Masyarakat Peduli Api ini adalah Peraturan Direktur Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim No : P.33/PPT/SET/KUM.I/I/2018 tentang Pembentukan dan Pembinaan Masyarakat Peduli Api.

"Pengertian Masyarakat Peduli Api adalah masyarakat yang sukarela peduli terhadap pengendalian kebakaran hutan dan lahan yang telah dilatih/diberi pembekalan serta dapat diberdayakan untuk membantu kegiatan pengendalian kebakaran hutan dan lahan," terang GM Fire Protection.

Agung Setyabudi juga menjelaskan bahwa agenda itu adalah agenda tahunan Divisi Fire Protection, dimana seperti diketahui saat ini, cuaca masih relatif lembab dikarenakan masih sering ada hujan sehingga dimanfaatkan untuk melakukan pelatihan guna meningkatkan kemampuan anggota kelompok Masyarakat Peduli Api yang pada saat nanti diperlukan pada musim kemarau.

"Mereka (MPA) sudah siap dan mengerti tugas dan tanggung jawab yang akan mereka kerjakan ketika ada kejadian kebakaran lahan atau hutan," imbuhnya.

PT MHP sangat concern terhadap hal ini dan sangat mendukug kebijakan pemerintah tentang Larangan Membuka Kebun dengan Cara Membakar. Hal itu ditegaskan juga Alioeng Bararata Sakti.SH selaku Fire External & Communication Head, bahwa kegiatan tersebut adalah bentuk kerjasama antara PT. Musi Hutan Persada dengan desa yang berdampingan dengan areal kerja perusahaan dalam hal pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan.

"Setelah terbentuk dan dilatih maka para anggota kelompok MPA berkewajiban untuk menjaga areal desanya dari ancaman kebakaran hutan dan lahan, dan apabila terpantau titik api yang tidak bisa dikendalikan sendiri oleh anggota kelompok dan warga maka dapat menghubungi perusahaan untuk meminta bantuan alat pemadam yang lainya," terang Alioeng.

Adapun kelompok Masyarakat Peduli Api diakui Alioeng diberikan fasilitas oleh PT. Musi Hutan Persada personil use dan alat pemadam manual berupa Handsprayer, Gepyok, Garu dan personil use berupa seragam, sepatu safety, helm, masker dan sarung tangan.

"Adapun pembentukan kelompok Masyarakat Peduli Api ( MPA ) dilaksanakan dari tanggal 12-13 Maret 2019 di dua desa  yaitu Desa Sungai Baung dan Desa Benakat Minyak Kecamatan Talang Ubi Kabupaten PALI. Kegiatan itu juga dihadiri oleh KPH Wilayah XII Benakat," pungkasnya. (SN) 
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SINI NEWS YOUTUBE CHANNEL

Facebook SINI News

Pengikut

Subscribers

Postingan Populer

Arsip Blog

Comments

Berita Utama

sitemap

Recent Posts