Basuki Hadi Muljono: Tol Harus Terkoneksi Dengan Kawasan Industri

MUARA ENIM--Pelaksanaan pengerjaan ruas Tol Muara Enim-Simpang Indralaya dan ruas jalan Tol Muara Enim-Lubuklinggau di Muara Enim harus disegerakan karena banyak hal yang berkaitan, diantaranya sebagai upaya mendukung kesejahteraan masyarakat dan harus terhubung dengan kawasan industri.

Hal ini disampaikan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat RI, Basuki Hadi Muljono dalam sambutanya pada acara Penandatanganan Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol (PPJT) ruas jalan tol muara enim - simpang indralaya dan ruas jalan tol muara enim - lubuk linggau, Selasa (9/4).

Terkait dengan penetapan lokasi jalan tol, Basuki menerangkan, agar pemda setempat dapat memberikan masukan dimana diharapkan agar jalan tol ini dapat menghubungkan ruas jalan dengan kawasan industri.

"Tidak ada gunanya tol itu lewat-lewat saja. Harus ada gunanya. Salah satunya dengan menghubungkan jalan tol dengan kawasan industri," kata Basuki.

Ia mengatakan, penandatanganan ruas jalan tol serupa sudah dilakukan untuk ruas jalan tol Lubuklinggau-Bengkulu. Menurutnya, pengerjaan ruas jalan tol di Lampung dapat menjadi contoh bagi pengerjaan jalan tol lainnya.

Sebab di Lampung, pengerjaan jalan tol terbilang cepat sekali. "Lampung itu cepat sekali. Ini contoh yang baik, pembebasan lahannya berupa ganti untung, bukan soal harga yang menjadi masalah melainkan biasanya ada kepemilikan yang tumpang tindih," jelasnya.

Ia menuturkan, adapun salah satu pendukung cepatnya pembangunan jalan tol itu dikarenakan tim pembebasan lahan dipegang oleh salah satu direktur objek vital di Polda Lampung.

"Bukan karena ada kepentingan, tapi dengan begitu pembebasan lahan cepat selesai. Begitupun di Aceh Tol yang baru digroundbreaking Presiden RI pada Desember 2018 lalu, kini sudah 20 persen pengerjaannya dimana sudah memasuki tahapan land clearing," kata dia.

Kalau pembebasan lahan lancar, lanjut Basuki lagi, insya allah kontruksi akan cepat selesai. “Kami ingin kita semua menjadi satu tim agar kesejahteraan rakyat meningkat," pungkasnya.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SINI NEWS YOUTUBE CHANNEL

Facebook SINI News

Pengikut

Subscribers

Postingan Populer

Arsip Blog

Comments

Berita Utama

sitemap

Recent Posts