Hampir Sepekan 10 Desa di PALI Terendam Banjir

PALI--Banjir yang melanda wilayah Bumi Serepat Serasan lebih dari tiga hari ini meluas. Dari data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), tercatat ada 10 desa yang terimbas banjir akibat meluapnya sungai Lematang yang tidak lagi mampu menampung air hujan.

Adapun 10 desa dimaksud dijelaskan Junaidi Anuar, kepala BPBD PALI adalah Desa Bumi Ayu, Tanah Abang Selatan, Tanah Abang Utara, Muara Sungai, Curup, Sukaraja, Sedupi, Pandan dan Modong, dimana seluruh desa tersebut masuk wilayah Kecamatan Tanah Abang.

"Untuk saat ini dari pantauan kita, banjir yang melanda 10 desa masih aman dan terkendali. Belum dikategorikan sebagai bencana. Banjir itu merupakan banjir tahunan dan kiriman dari hulu sungai Lematang," terang Junaidi, Senin (29/4).

Diakui Junaidi bahwa pihaknya terus memantau disekitar lokasi banjir. "Daerah yang terdampak banjir merupakan daerah berlokasi tidak jauh dari bantaran sungai Lematang. Ada ribuan rumah yang terendam, tetapi rumah yang terendam seluruhnya berbentuk panggung. Jadi, masih aman hanya saja memang sedikit menghambat aktivitas warga setempat," tukasnya.

Terpisah, Ballian, kepala Desa Curup mengatakan bahwa ratusan rumah di desanya terdampak banjir, karena lebih separuh pemukiman warga di desa itu terendam.

"Sudah tiga hari ini banjir belum juga surut. Kalau tanaman padi warga dipastikan mati dan warga yang kebunnya terkena banjir juga tidak bisa menyadap," kata Kades.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SINI NEWS YOUTUBE CHANNEL

Facebook SINI News

Pengikut

Subscribers

Postingan Populer

Arsip Blog

Comments

Berita Utama

sitemap

Recent Posts