PWI Sumsel Imbau Wartawan Dinginkan Suhu Politik

PALI--Firdaus Komar, ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumatera Selatan menghimbau agar seluruh wartawan yang tergabung di PWI agar ikut menjernihkan suasana politik pasca Pemilihan Umum (Pemilu) yang saat diketahui suhunya meningkat.

Terlebih dikatakan Firdaus Komar bahwa berita hoaks berseliweran di media sosial yang tentunya fungsi wartawan dituntut meluruskan suatu informasi dengan verifikasi dan sesuai kode etik jurnalistik.

"Fungsi wartawan turut mencegah hoaks, jangan ikut-ikutan menyebarkannya. Apabila ada berita yang masih simpang siur, silahkan verifikasi dan berpegang teguh pada standar jurnalistik," pesan Ketua PWI Sumsel usai hadiri pembukaan kegiatan UKW di Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), Senin (29/4), di Wisma Mayang Komplek Pertamina Pendopo.

Ditambahkannya bahwa wartawan tetap menjaga netralitas meskipun Pemilu telah usai.

"Tarik menarik panasnya politik harus kita sikapi dengan alur kita sebagai jurnalis yang harus berada pada profesi kita. Dan jurnalis juga harus memberikan contoh bahwa informasi kita yang kita sampaikan memang benar sesuai fakta,  akurat dan tepat," tandasnya.

Menyinggung kegiatan UKW yang digelar di PALI, Firdaus menegaskan bahwa UKW sangat penting bagi pelaku jurnalis untuk meningkatkan profesionalitas wartawan.

"UKW menjadi tolak ukur seorang wartawan untuk lebih meningkatkan kinerjanya. Karena wartawan adalah profesi yang dituntut harus profesional, jangan hanya bermodalkan alat perekam dan kartu identitas saja, tetapi wartawan juga harus mempu membuat dan mengolah berita," tukasnya

Sementara itu, Theo Yusuf Tim penguji PWI pusat menyebut sudah ada 10.700 wartawan diseluruh Indonesia sudah berkompeten melalui Uji Kompetensi Wartawan (UKW).

"PWI telah menggelar 393 kali UKW di berbagai wilayah, termasuk di Sumsel yang telah menggelar 23 kali UKW. Dari jumlah anggota PWI 15 ribu lebih, sudah ada 10.700 wartawan yang telah dinyatakan kompeten," terang Theo
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SINI NEWS YOUTUBE CHANNEL

Facebook SINI News

Pengikut

Subscribers

Postingan Populer

Arsip Blog

Comments

Berita Utama

sitemap

Recent Posts