Peringati HUT PALI ke 6, Gubernur : Bupati Harus "Gas Pol" Turunkan Kemiskinan

PALI, SININEWS.COM - Gubernur Sumsel Herman Deru didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Sumsel Febrita Lustia menghadiri peringatan ulang tahun (HUT) ke-6 Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), Senin (22/4/2019).

Peringatan HUT PALI dilaksanakan di Rapat Paripurna Istimewa DPRD Kabupaten PALI di Gedung Arsendora PT Pertamina E Pendopo. Saat menyampaikan sambutannya, peraih Bintang Jasa Pratama dari Presiden SBY Tahun 2009 tersebut, mengungkapkan apresiasinya atas penurunan angka kemiskinan yang berhasil dilakukan Kabupaten PALI.

"Saya akui PALI sudah menjadi kabupaten yang bergerak cepat maju mencapai apa yang diinginkan bersama masyarakatnya. Cuma pesan saya biar angka kemiskinan di PALI menjadi satu digit Bupatinya harus "Gas Pol", pesan Herman Deru usai acara.


Sebagai Bupati yang pernah mengelola Daerah Otonomi Baru (DOB) atau kabupaten pemekaran ia tahu betul tantangan yang dihadapi pemerintah Kabupaten PALI tidak mudah.

Oleh karena itu dia menargetkan dari sekitar 13 persen lebih angka kemiskinan PALI akan turun 2-3 persen sampai akhir masa jabatan Bupati yang sekarang.

"Kunci menurunkan angka kemiskinan itu satu, ajak keterlibatan masyarakat. Silahkan pemerintah mau konsep seperti apa yang pasti muaranya harus kesejahteraan masyarakat.Tolak ukur majunya sebuah kota itu bukan dari gapura menjulang, kantor Bupati yang mewah tapi infrastruktur bagus dan angka kemiskinannya kecil. Itu barometernya," jelas Herman Deru.

Saran itu ujarnya bukan tanpa alasan karena ia mengaku sudah membuktikannya sendiri saat dua periode menahkodai Kabupaten OKU Timur. Keterlibatan masyarakat, kepercayaan masyarakat pada DPRD dan pemerintahan penting untuk menciptakan kenyamanan masyarakat.


"Lihat di spanduk itu (dalam ruang rapat paripurna) ada seperti medali di baju saya. Itu adalah Bintang Jasa Pratama dari Presiden untuk saya sebagai kepala daerah yang dapat menurunkan angka kemiskinan secara signifikan. Ini Bukan ngamboki tapi motivasi. Kalau kita bersinergi, sinkron semua bisa karena Bupati tidak bisa kerja sendiri butuh juga semua ornamen lainnya," terangnya.

Karena tantangannya yang sangat besar itulah, Herman Deru mengimbau agar semua elemen bahu-membahu membangun Kabupaten PALI yang baru berusia 6 tahun.
Terutama BUMD dan BUMN yang ada di sekitar dihimbaunya untuk ikut berkontribusi membangun PALI sejajar dengan provinsi lainnya yang sudah lebih dulu maju.


"Untuk tahap awal saya akan bantu pembangunan Kantor Bupati dan Gedung DPRD masing-masing Rp5 miliar. Dan untuk aktivitas masyarakat terutama anak muda kita akan bangun gedung olahraga." Pungkasnya. (SN/Adv)
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SINI NEWS YOUTUBE CHANNEL

Facebook SINI News

Pengikut

Subscribers

Postingan Populer

Arsip Blog

Comments

Berita Utama

sitemap

Recent Posts