Dua Daerah di PALI Kembali Jadi Bidikan Kemensos Masuk Program KAT

PALI--Setelah Talang Sebetung Desa Tempirai Selatan Kecamatan Penukal Utara ditetapkan sebagai daerah Komunitas Adat Terpencil (KAT) di wilayah Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), Kementerian Sosial RI kembali membidik dua daerah lagi di wilayah Bumi Serepat Serasan yang dinilainya mempunyai penduduk suku yang masing terbilang terpencil.

Terbukti, pada Rabu (1/5) lalu, Kementerian Sosial RI melalui Direkktorat Dayasos dan Dinas Sosial Provinsi Sumatera Selatan lalukan penjajakan dan study kelayakan terhadap Talang Air Itam Desa Tanding Marga Kecamatan Penukal Utara dan Talang Ali Desa Kota Baru Kecamatan Penukal Utara.

"Mudah-mudahan saja dengan kedatangan tim dari Direktorat Dayasos Kemensos RI, dua daerah itu disetujui menjadi daerah KAT. Karena, memang selama ini, dua daerah tersebut masih alami keterbelakangan, yang dihuni warga asli lokal," ungkap Ethika Metty, Plt Kepala Dinas Sosial Kabupaten PALI, Kamis (2/5).

Saat penjajakan tim dari Kemensos, dikatakan Ethika Metty bahwa dari Kabupaten PALI sendiri mengutus OPD terkait.

"Seperti dari Dinas sosial sendiri, Disdukcapil, Dinas PUBM, Dinas Perkim, Dinkes, Dinas Pendidikan, Camat serta Kepala Desa setempat. Karena membangun daerah KAT tidak bisa dilakukan satu OPD, tetapi harus bersinergi saling menunjang, agar membuka keterbelakangan dua daerah tersebut," terang Metty.

Manfaat program KAT dijelaskan Metty bahwa untuk membuka akses serta pola pikir warga KAT agar tidak tertinggal, warga KAT juga akan diupayakan untuk diberdayakan agar dapat menikmati pembangunan yang saat ini terus dilakukan oleh pemerintah Kabupaten PALI.

Guna mendukung upaya ini  Dinsos Kabupaten PALI,akan bekerja sama dengan Dinsos Provinsi Sumatera Selatan serta pihak Akademisi dan Universitas untuk  menentukan karakteristik masyarakat yang menjadi sasaran program KAT tersebut.

"Begitu juga dengan penerapan program pemberdayaan yang di maksud, seperti penyediaan pemukiman dan kebutuhan hidup dan yang lainya, yang telah dipersiapkan Kementerian sosial RI dalam program KAT ini," urainya.

Untuk Talang Sebetung Desa Tempirai Selatan yang telah masuk dalam program KAT, dikatakan Metty bahwa pada tahun 2019 ini bantuan dari Kemensos bakal segera turun.

"Artinya apabila akses jalan sudah terbuka, fasilitas penerangan telah ada juga pendidikan yang memadai, maka akan membukakan pola pikir warga KAT juga daerah yang selama ini dianggap terpencil jadi terbuka yang pada akhirnya, perekonomian warga setempat perlahan akan meningkat," tutupnya.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SINI NEWS YOUTUBE CHANNEL

Facebook SINI News

Pengikut

Subscribers

Postingan Populer

Arsip Blog

Comments

Berita Utama

sitemap

Recent Posts