Jelang Ramadhan Harga Kebutuhan Pangan di PALI melonjak naik


PALI - Jelang bulan suci Ramadan, bahan pangan disejumlah pasar di wilayah Bumi Serepat Serasan terus merangkak naik, yang paling signifikan adalah harga bawang putih, dimana pada Minggu (5/5) di Pasar Inpres Pendopo Kecamatan Talang Ubi, harga bawang putih mencapai Rp 70.000/kg dari harga sebelumnya pada minggu lalu yang hanya Rp 55.000/kg.

Bukan hanya bawang putih, kenaikan harga bahan pangan juga dialami bawang merah yang mencapai Rp 50.000/kg dari sebelumnya Rp 40.000/kg. Harga ayam potong pun ikut-ikutan naik, yang kini mencapai Rp 33.000/kg, ayam merah Rp 60.000 dan daging sapi Rp 130.000/kg. Sementara untuk harga cabe masih terpantau stabil.

"Kami juga tidak tahu penyebabnya, kenapa setiap jelang puasa selalu naik. Kalau kami jual sesuai harga pasar," ungkap Mista, salahsatu pedagang bahan pangan di pasar Pendopo.

Lain halnya dengan pembeli yang merasa beban pengeluaran untuk menutupi kebutuhan hidup semakin mencekik. Karena sebagian besar masyarakat bergantung pada hasil sadapan karet, yang meskipun harga getah mengalami peningkatan tetapi belum sebanding dengan melambungnya harga kebutuhan pokok.

Seperti dikeluhkan Intan, warga Bhayangkara Kecamatan Talang Ubi. Dirinya berharap agar ada upaya pemerintah dari pusat untuk menekan harga bahan pokok agar tidak terjadi kenaikan saat jelang puasa atau jelang hari-hari besar.

"Saat ini beban hidup kami semakin tinggi, tidak sesuai dengan penghasilan. Terlebih jelang puasa dan mendekati lebaran. Pasti kebutuhan meningkat sementara penghasilan tetap rendah. Jalan terakhir menutupinya adalah berhutang," keluhnya.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SINI NEWS YOUTUBE CHANNEL

Facebook SINI News

Pengikut

Subscribers

Postingan Populer

Arsip Blog

Comments

Berita Utama

sitemap

Recent Posts