Ramadan Pemohon Passport Menurun

Foto : Ilustrasi /internet

MUARA ENIM - Memasuki bulan suci ramadan, pemohon pembuatan passport di Lantor Imigrasi Klass II Muara Enim mengalami penurunan dari bulan biasanya. Hal ini desebabkan pemohon lebih memilih mengajukan  sebelum bulan ramadan dan setelah hari raya Idul Fitri.

Kepla Kantor Imograsi Klass II Muara Enim, Telmaizul mengatakan, penurunan pengaju passport meang mengalami siklus seperi ini sama seperi tahun tahun sebelumnya. Karena pemohon lebih memilih setelah ramadan atau sebelumnya.

“Selain itu, kebanyakan juga pemohon lebih memilih bulan lainnya karena pada saat bulan puasa mungkin mereka harus membutuhkan tenaga ekstra saat menunggu proses pengajuan dalam kondisi berpuasa,” ujar Telmaizul.

Sebagian besar pemohon, lanjut Tel, biasanya mempersiapkan passport untuk melaksanakan ibadah umrah. “Meskipun di saat ramadan banyak juga yang melaksanakan umrah, namun pengajuan passport biasanya jauh sebelum ramadan,” tambahnya.

Peningkatan pengajuan, dilanjutkannya, kembali naik usai hari raya idul ditei dan idul adha. “Bahkan sampai awal tahun nanti masih banyak yang akan mengajukan. Ini terbukti dari data yang kita miliki di tahun tahun sebelumnya,” terangya.

Diterangkannya, pada tahun 2017 yang lalu, pengaju permohonan passport di Muara Enim sebanyak kurang lebih 12 ribu. Sedangkan pada tahun 2018 mencapai 14 ribu. “Dan kita yakin pada tahun ini akan semakin meningkat karena hingga saat ini pengajuan sudah mencapai 5ribu pemohon,” tukasnya.

Selain meberikan pelayanan pada hari hari kerja, Imigrasi Muara Enim juga melaksanakan pelayanan simpatik pada hari sabtu. “Ini tergantung pada momen kita membuka pelayanan pada hari sabtu dan apabila ada permohonan khusus misalkan dari KBIH,”ujarnya.

Selain itu, Untuk memberikan pelayanan maksimal dan mudah dijanhkau oleh pemohon, Imigrasi juga membuka UKK (unitbkerja keimigrasian) dibeberapa daerah seperti Musi Rawas, Baturaja yang akan segera diresmikan. (sn)
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SINI NEWS YOUTUBE CHANNEL

Facebook SINI News

Pengikut

Subscribers

Postingan Populer

Arsip Blog

Comments

Berita Utama

sitemap

Recent Posts