Usai Pilpres Harga Sawit Terpuruk

MUARA ENIM,----Pembuatan bio disel melalui program B-20 dan B 100 yang diklaim pemerintah bisa  meningkatkan harga Tandan Buah Segar (TBS) kelapa sawit petani, ternyata tidak berpengaruh.

Terbukti usai pelaksanaan Pemilu Presiden (Pilpres) dan Pemilu Legislatif (Pileg), harga TBS kelapa sawit petani yang sudah sempat merangkak naik menjadi Rp 1.100/kg di tingkat petani, kini kembali turun.

Sejak sepekan belakangan harga TBS kelapa sawit tinggal Rp 900- Rp 950/kg di tingkat petani. Kondisi itu membuat petani kelapa sawit di Kabupaten Muara Enim menjadi menjerit.

Soalnya harga sembako dan kebutuhan pokok lainnya memasuki bulan suci Ramadhan, telah mengalami kenaikan.

“Apa yang dikatakan pemerintah membuat B-20 dan B-100 sawit, ternyata sama sekali tidak ada pengaruhnya terhadap harga sawit petani, bahkan bertambah turun harganya,” jelas Wak Toh, salah seorang petani sawit di Muara Enim.

Sementara, harga kebutuhan pokok memasuki bulan suci Ramadhan telah mengalami kenaikan. “Kondisi petani sawit semakin terpuruk, karena harga sawit turun, sedangkan harga sembako melambung. Artinya ada kesan pemerintah tidak berperan untuk menstabilkan harga kelapa sawit maupun harga sembako,” tegasnya.

Sementara itu, salah seorang agen pengumpol TBS kelapa sawit petani, Silai, mengaku harga kelapa sawit turun. “Harga jual kita ke pabrik kelapa sawit juga turun, terpaksa kita menurunkan harga juga dalam memberi buah kelapa sawit petani,” jelas Lai, Sabtu (4/5).

Dia juga mengaku tidak tau apa penyebab turunya harga kelapa sawit tersebut. Selain harga sawit di pabrik turun, juga banyak sortir. “Kondisi harga kelapa sawit turun seperti ini, tidak saja petani yang menjerit, kami selaku agen pengumpul juga menjerit, karena pabrik banyak melakukan sortir, terutama buah yang masaknya tidak sempurna maupun tanda buah yang kecil kecil,” jelasnya. (sn)
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SINI NEWS YOUTUBE CHANNEL

Facebook SINI News

Pengikut

Subscribers

Postingan Populer

Arsip Blog

Comments

Berita Utama

sitemap

Recent Posts