Kebun Warga Terkena Limbah Minyak, Ini Penyebabnya


PALI,SININews.com- Kebun karet milik Roni, warga Desa Betung yang letaknya berada dalam wilayah Desa Betung Barat Kecamatan Abab Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) terkena semburan minyak mentah yang keluar dari pipa yang alami kebocoran diduga milik PT Pertamina EP Asset 2 Pendopo Field. Pipa bocor diketahui warga pada Minggu (23/6) sekitar pukul 11.00 WIB. 


Dari keterangan Roni, pemilik kebun terdampak semburan minyak mentah bahwa bocornya pipa tersebut diduga akibat korosi. 

"Dilokasi ini sering terjadi kebocoran, dugaanya akibat pipa sudah kropos," ucap Roni, Senin (24/6).

Diakui Roni, ada beberapa batang pohon karet terkena semburan minyak mentah, tetapi sampai saat ini belum ada upaya pertanggungjawaban dari pihak Adera. 

"Hanya baru pengkleman atau penutupan dibagian pipa yang bocor. Untuk pertanggungjawaban belum ada. Untuk kedepannya, kami berharap jalur pipa tersebut untuk segera diganti, agar tidak alami kebocoran lagi," imbuhnya. 

Dibenarkan juga, Jhen, warga lainnya, bahwa pihak HSSE dari Adera sudah menangani bocornya pipa itu. 

"Sudah dilakukan penutupan, dan sebagian limbah yang keluar sudah dimasukkan ke kantong-kantong plastik. Masalahnya, pihak Adera belum juga mengganti pipa itu. Sebab, kejadian saat ini ada tiga titik berdekatan, dengan jarak lebih kurang 2 meter. Tidak ada bekas gesekan atau unsur kesengajaan pada pipa bocor itu, dugaan kuat akibat korosi," jelas Jhen. 

Terpisah, Abdul Aziz, LR Adera Field saat dikonfirmasi media ini mengaku belum mengetahui kasus tersebut. "Nanti saya tanya di HSSE, dan untuk informasi selanjutnya akan disampaikan," katanya.(sn)
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SINI NEWS YOUTUBE CHANNEL

Facebook SINI News

Pengikut

Subscribers

Postingan Populer

Arsip Blog

Comments

Berita Utama

sitemap

Recent Posts