Pages

Tuesday, June 18, 2019

Kemensos RI bakal bantu akses perekonomian Sebetung, Tempirai



PALI, SININews.com - Kementerian Sosial RI bakal bantu pembangunan 49 rumah milik penduduk Talang Sebetung Desa Tempirai Selatan Kecamatan Penukal Utara Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) yang sudah ditetapkan menjadi daerah Komunitas Adat Terpencil (KAT).

Dimana sebelumnya, Talang Sebetung yang dihuni lebih kurang 49 KK ini dimasukan dalam kategori wilayah KAT kategori 2, karena dinilai jauh dari jangkauan desa-desa sekitar. 

Alasan lain ditetapkan daerah KAT, akibat akses menuju Talang Sebetung cukup menantang, karena apabila melalui jalan darat harus menempuh medan lumayan berat dengan kondisi jalan penuh lumpur. Dan apabila melalui jalur air, harus ditempuh lebih kurang setengah hari dari Jembatan Desa Tempirai menuju lokasi KAT. Dan warganya pun jarang berinteraksi dengan keramian. 

Dikatakan Metty Etika, Plt Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten PALI bahwa tahap awal bantuan adalah pembangunan balai serbaguna di wilayah Talang Sebetung. 

"Tahap selanjutnya akan ada bantuan untuk perehapan atau pembangunan bagi 49 rumah warga, dijadwalkan tahun ini juga selesai," ungkap Metty, Selasa (18/6).

Disamping bantuan fisik, warga setempat juga dikemukakan Metty bakal dibina dalam peningkatan perekonomiannya serta membuka wawasan dari ketertinggalan. 

"Selama dua tahun pembinaan dilakukan terhadap penduduk setempat. Berupa pemberian bibit tanaman dan hewan ternak sekaligus pelatihan cara beternak atau bercocok tanam sayuran. Ini dimaksudkan agar pola pikir masyarakat bisa terbuka tidak hanya mengandalkan berkebun karet atau mencari ikan saja," tambahnya. 

Membuka lingkungan Talang Sebetung agar bisa terhubung dengan dunia luar, Metty mengatakan bahwa Pemda PALI bakal membangun akses jalan penghubung, penerangan serta fasilitas publik lainnya. 

"Membangun Talang Sebetung dilakukan lintas sektoral, yang melibatkan instansi lain selain Dinsos. Diantaranya PUBM yang bakal membangun akses jalan, Dinkes untuk kesehatan, Dikdik untuk membangun sektor pendidikan, Disdukcapil, Dinas KB serta ada beberapa instansi lain juga dilibatkan agar Talang Sebetung bisa cepat maju dan mandiri," terang Metty (sn)

0 komentar:

Post a Comment