Pages

Saturday, July 27, 2019

BMKG Kota Tangerang Nyatakan Sejumlah Wilayah Berpotensi Alami Kekeringan

Tangerang,SININEWS.COM - Musim kemarau tahun 2019 ini di Indonesia diprediksi sampai Oktober mendatang, dan menurut Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kota Tangerang diperkirakan sejumlah wilayah di Kota Tangerang berpotensi mengalami kekeringan.

Kepala Bidang Data dan Informasi BMKG Kota Tangerang, Sutiyono mengatakan kota Tangerang sendiri saat ini sudah masuk musim kemarau sejak bulan juli yang diprediksi hingga akhir bulan Oktober.

"Kota Tangerang memiliki lahan pertanian yang biasa mengandalkan air sungai (Cisadane). Kalau hujan tidak turun lama, maka dikhawatirkan lahan pertanian itu bakal alami kekeringan," ujar Sutiyono saat dimintai keterangan, Sabtu (27/7/2019).

Daerah yang berpotensi mengalami kekeringan diwilayah Kota Tangerang diantaranya, Kecamatan Neglasari dan Kecamatan Cipondoh.

"Ya tentunya kekeringan yang perlu diwaspada. Bukan hanya itu, kemarin saya juga presentasi di BPBD Kota Tangerang untuk mewaspadai rawan kebakaran, baik itu terhadap pemukiman maupun pabrik-pabrik," imbuhnya.

Disamping ancaman kekeringan dan rawan kebakaran, Sutiyono menjelaskan bahwa adanya gempa yang terjadi di Tasikmalaya juga berpotensi mengalami dampak di Kota Tangerang.

"Terus juga ketika hujan dipenghujung kemarau, biasanya angin kencang disertai petir kerap mengiringi turunnya hujan, yang menjadi ancaman tersendiri bagi warga. Jadi kami berharap, segenap masyarakat harus tetap antisipasi," tutupnya. (sn/yogi)

0 komentar:

Post a Comment