Pages

Tuesday, July 30, 2019

Dewan PALI Tanggapi Jamur Daun Serang Tanaman Karet Warga

PALI,SININEWS.COM -  Adanya dugaan serangan jamur daun yang menyerang tanaman karet di provinsi Sumatera Selatan termasuk di wilayah Bumi Serepat Serasan yang mengakibatkan gugur daun pada tanaman karet tidak kenal musim, berimbas menurunnya produksi getah membuat Irwan ST, Ketua Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) angkat bicara.

Ketua DPD II Golkar PALI ini mendesak Dinas Pertanian PALI berupaya cepat mencari solusinya, karena masalah itu mencakup hajat orang banyak, terlebih di PALI sebagian besar bergantung pada hasil tanaman karet.

"Silahkan secepatnya datang ke Kementerian Pertanian, konsultasikan dan meminta pemerintah pusat untuk mengatasi jamur daun. Karena di Kementan banyak solusi dan bantuan yang harus dijemput bola," ungkap Irwan, Selasa (30/7).

Karena diakui Irwan bahwa Komisi III belum lama ini pernah sambangi Dirjen Pertanian. Saat kunjungan itu, Komisi III bahas masalah gugur daun, penyakit jamur batang dan penyakit-penyakit lainnya.

"Memang penyakit pada tanaman karet tengah dibahas Kementan dan mencari solusi pemecahan masalah itu. Nah untuk itulah, Dinas Pertanian PALI jangan hanya menunggu, tapi harus rajin ke Kementan," tukasnya.

Dalam menyikapi masalah jamur daun dan anjloknya harga getah karet, Dinas Pertanian juga disarankan Irwan ST juga mencari terobosan agar bisa meningkatkan pendapatan petani.

"Seperti menerapkan pola tumpang sari diantara pohon karet. Untuk bibit dan peralatan di Kementan banyak, dan bila perlu ajak beberapa kelompok tani untuk menyampaikan keluhannya langsung di Kementan," sarannya. (sn) 

0 komentar:

Post a Comment